Tim relawan dari Pertamina saat memberikan masker ke para pengungsi korban gempa Sulbar

Cegah Klaster, Pertamina Bagikan Masker di SPBU dan Posko Pengungsian

Jumat, 22 Januari 2021 | 18:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAMUJU, GOSULSEL.COM — Bencana alam yang melanda beberapa daerah di Indonesia secara beruntun dalam sepekan belakangan ini, menuntut penanganan paska bencana dilakukan secara ekstra. Bagaimana tidak, selain dihadapkan pada bencana alam, masyarakat juga masih dalam kondisi waspada Covid-19. 

Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Mamuju, Selasa (19/01/2021), memberikan arahan agar tidak terjadi klaster Covid-19 baru di tempat pengungsian. Meskipun dalam keadaan panik dan serba terbatas, masyarakat tidak boleh lupa menjaga protokol kesehatan. 

Hal itu tentunya tidak luput menjadi perhatian utama Pertamina. Melalui program Pertamina Peduli, Pertamina tak hanya memberikan bantuan logistik kepada masyarakat dan pihak terkait untuk membantu pemulihan paska bencana.

Tetapi, pihaknya pun turut membagikan masker kepada seluruh konsumen SPBU di Mamuju dan Majene serta mengerahkan tim medis dari Pertamedika. Hal ini sekaligus dilakukan Pertamina untuk mensosialisasi protokol Covid-19 dan memberikan pemeriksaan gratis. 

Unit Manager Comm, Rel & CSR Laode Syarifuddin Mursali mengatakan bahwa di Mamuju dan Majene masih banyak masyarakat yang tidak mengenakan masker. Olehnya itu, Pertamina bermaksud untuk memberikan fasilitas pencegahan penularan. 

“Kami berupaya bergerak secara masif dengan membagikan masker untuk pengungsi dan konsumen di SPBU di Mamuju dan Majene,” kata Laode.

Seluruh relawan dan operator Pertamina di SPBU juga dilakukan rapid test secara berkala 7 hari sekali dan dilakukan pengecekan kesehatan setiap pagi sebelum bekerja melalui assesment fit to work. Diharapkan hal ini dapat membantu pencegahan cluster baru Covid-19 dalam suasana kebencanaan seperti ini.(*)