GN Sulsel menggelar donor darah di Sekretariat GN Sulsel, Selasa (26/01/2021)

Hari Jadi Pertama, GN Sulsel Mengabdi Lewat Kegiatan Sosial

Selasa, 26 Januari 2021 | 20:01 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Memperingati hari jadi yang pertama, Garda Nusantara (GN) Sulsel menggelar donor darah di Sekretariat GN Sulsel, Selasa (26/01/2021). Diikuti oleh masyarakat dan jajaran pengurus bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar.

Kegiatan ini di targetkan mengumpul sebanyak 300 kantong darah. Kemudian akan disumbangkan kepada korban gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

pt-vale-indonesia

Ketua GN Sulsel, Arianto Burhan Makka (ABM) mengatakan memperingati hari jadi pertama organisasi yang dipimpinnya hanya berfokus pada kegiatan sosial. Mengingat, berbagai bencana melanda mulai dari pandemi Covid-19, banjir hingga bencana alam seperti gempa.

Berangkat dari itu, GN Sulsel merasa terpanggil melibatkan diri membantu meringankan beban masyarakat. Khususnya pada kegiatan sosial

“GN Sulsel selalu siap jika dibutuhkan oleh masyarakat terutama untuk kepedulian sosial. Kami juga berharap darah yang sudah didonorkan oleh partisipan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata ABM.

Menurut ABM, pelaksanaan donor darah di masa pandemi Covid-19 ini juga dilakukan untuk mengantisipasi minimnya stok darah. Ini dalam penanganan korban gempa bumi di Sulbar.

Sementara, Koordinator kegiatan, Muhammad Erdin, menyebut ratusan pendonor yang datang secara bergantian. Mereka pun merasa antusias mengikuti agenda tersebut

“GN Sulsel tidak akan berhenti untuk kepedulian sosial. Bukan saja di agenda donor darah ini, namun kegiatan sosial lainnya akan dilakukan GN Sulsel di masa mendatang,” ucap Wakil Ketua GN Sulsel, Erdin

Wakil Ketua Dewan Penasehat Garda Nusantara Sulsel, Andi Yuslim Patawari (AYP), juga mengaku bersyukur karena banyaknya partisipasi masyarakat dan kader GN Sulsel. Selain Kader GN Sulsel, kata AYP, sejumlah relawan Rachmat Gobel Peduli turut berpartisipasi dalam donor darah tersebut.

“Ini merupakan bentuk kegiatan kemanusiaan sebagai rasa peduli terhadap sesama. Terutama karena masa pandemi Covid-19 serta adanya bencana alam di Sulbar,” jelasnya.

Mantan Ketua KNPI Pusat itu menambahkan, hasil donor darah ini akan diserahkan ke PMI Kota Makassar yang selanjutnya akan berkoordinasi dengan PMI Sulbar. Di mana untuk kebutuhan penanganan korban gempa.

Ia berharap agar rasa kepedulian terhadap sesama semakin ditingkatkan. Sebab, bantuan kemanusiaan sangat diperlukan oleh masyarakat yang terdampak bencana alam ini melanda berbagai daerah di Indonesia.

“Semoga darah yang kita donorkan dapat membantu saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana gempa bumi di Sulbar,” pungkasnya. (*)

Tags: