Bantuan tabung Bright Gas gratis untuk dapur umum posko pengungsian yang tersebar di Majene dan Mamuju.

Pertamina Pasok Bright Gas secara Reguler untuk 41 Dapur Umum di Sulbar

Selasa, 26 Januari 2021 | 19:58 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAMUJU, GOSULSEL.COM – Sepuluh hari paska gempa magnitudo 6,2 yang melanda Mamuju dan Majene, Pertamina terus bergerak membantu pemulihan kehidupan masyarakat Sulbar. Selain memberikan bantuan logistik berupa sembako dan perlengkapan sehari-hari, Pertamina juga memberikan tabung Bright Gas gratis untuk dapur umum posko pengungsian yang tersebar di dua kabupaten tersebut.

Sebanyak 41 titik dapur umum dipasok Bright Gas secara reguler. Adapun dengan jumlah tabung yang diberikan hingga 24 Januari ialah sebanyak 122 tabung Bright Gas 5.5 kg dan 96 tabung Bright Gas 12 kg.

Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Mursali mengatakan bahwa keberadaan dapur umum memiliki peran vital di tengah banyaknya titik-titik pengungsian masyarakat. Serta masih banyak pasar dan swalayan yang menyediakan kebutuhan sehari-hari tutup karena banyak masyarakat memilih mengungsi ke tempat yang aman.

Lebih lanjut, Laode mengatakan di awal paska gempa (15/01/2021), Pertamina langsung mengambil langkah cepat. Pihaknya langsung membantu memberikan bantuan tabung Bright Gas ke Posko Pengungsian dari Pasangkayu dan Polewali Mandar.

“Kami menyadari betapa sulitnya untuk mendapatkan bahan makanan di masa seperti ini. Keberadaan dapur umum sangat membantu masyarakat di pengungsian, maka dari itu, secara gratis kita pasok secara reguler tabung Bright Gas untuk kemanusiaan,” ujar Laode.

Bantuan pasokan Bright Gas diantaranya diberikan ke 18 titik dapur umum yang dikoordinir oleh Dinas Sosial (Dinsos) Sulbar. Sedangkan lainnya diberikan ke Dapur Umum Posko Induk, Posko Satgas BUMN dan dapur umum pengungsian yang dikelola secara mandiri.

Pertamina saat ini terus berupaya memulihkan perekonomian dan normalisasi kehidupan setempat. Bantuan akan terus diberikan hingga masa tanggap darurat selesai.

Sementara itu, Kepala Dinsos Sulbar, Bau Akram mengatakan dirinya sangat bersyukur, tenaga dapur umum yang dikoordinir dari berbagai kota kabupaten seperti Palu, Makassar dan sekitarnya. Tak hanya mendapatkan pasokan tabung Bright Gas, tapi juga mendapatkan 50 unit Kompor High Pressure untuk membantu memperbanyak peralatan memasak yang cukup dan memadai.

“Kami sangat bersyukur dan berterimakasih. Ini sangat memudahkan kami. Bahkan beberapa kompor yang kami gunakan saat ini merupakan bantuan Pertamina Peduli saat gempa Palu 2018,” tandas Bau Akram. (*)


BACA JUGA