Komisi ll DPRD Gowa Gelar Rapat Dengar Pendapat Soal Ketersediaan Pupuk

Jumat, 29 Januari 2021 | 00:44 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gowa menggelar rapat dengar pendapat terkait ketersediaan pupuk di Kabupaten Gowa. Rapat tersebut digelar di ruang aspirasi DPRD Gowa, Kamis (28/1/2021)

Dalam rapat tersebut turut hadir para anggota Komisi ll DPRD Gowa, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab Gowa, pihak PT. Pupuk Kaltim, para distributor pupuk, pengecer dan perwakilan kelompok tani yang ada di Kab.Gowa.

Ketua Komisi ll DPRD Gowa Nasruddin Sitakka mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan rapat ini untuk mencari solusi dan menyamakan persepsi masalah pupuk yang ramai diperbincangkan.

“Permasalahan ini perlu kita duduk bersama untuk mencari tahu dimana benang kusutnya masalah pupuk tersebut,” jelas Nasruddin.

Setiap tahun, kata dia, pupuk selalu bermasalah, entah ketersediaan pupuk yang kurang ataukah harga pupuk yang terlalu tinggi.

“Petani mengatakan, kadang kala mau memupuk padinya pupuk yang tidak ada, pupuknya ada tapi masih merasa belum cukup, pupuknya ada tapi harganya lagi yang terlalu tinggi,” terangnya.

Olehnya itu, melalui rapat dengar pendapat ini kita memberikan kesempatan baik dari Dinas Pertanian Gowa, PT. Pupuk Kaltim, para distributor, pengecer dan perwakilan petani di Gowa memberikan penjelasan masing masing sehingga masalah pupuk ini tidak berlarut larut.

Dalam rapat tersebut, PT. Pupuk Kaltim telah menjelaskan bahwa Kab.Gowa termasuk yang paling cepat penyediaan pupuknya. Meskipun Dinas Pertanian Gowa belum mengeluarkan SK pengadaan pupuknya akan tetapi Provinsi sudah menurunkan SK atau sudah ada perintah maka kita akan siapkan pupuknya.

“Jadi kalau kita katakan pupuk ini langka tidak juga, sebenarnya pupuk ini tidak ada masalah dengan PT. Pupuk Kaltim, baik pembayaran subsidi pemerintah begitu juga para distributor ke pihak pupuk,” jelasnya.(*)

Tags:

BACA JUGA