Pengamat Pemerintahan, Bastian Lubis yang juga merupakan Rektor Universitas Patria Artha

Gubernur NA-Pj Rudy Diminta Legowo Terima Kemenangan Danny Pomanto

Sabtu, 30 Januari 2021 | 15:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto terpilih kembali sebagai Wali Kota Makassar. Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA) dan Pj Wali Kota, Rudy Djamaluddin pun diminta legowo menerima keputusan KPU.

Demikian yang disampaikan Pengamat Pemerintahan, Bastian Lubis. Ia menilai dua kepala daerah tersebut sampai sekarang masih belum bisa mengakui kemenangan Danny Pomanto. 

“Secara de jure dan de facto, pak Danny kan sudah menang. Artinya keduanya harus ikhlas dan mengakui bahwa beliau adalah pilihan rakyat,” nilai Bastian saat dihubungi, Sabtu (30/01/2021).

Pilwalkot Makassar telah usai namun keduanya, kata Bastian, masih melakukan intervensi ke Danny. Contohnya, pelaporan Rudy ke NA perihal rapat yang digelar Danny bersama pejabat Pemkot.

Namun menurut Bastian, hal itu wajar saja dilakukan Danny sebagai Wali Kota Makassar terpilih. Demi percepatan program, Danny perlu mengetahui apa yang mesti dilakukannya setelah dilantik nanti.

“Yah tidak apa-apa. Namun pak Danny juga harus ketemulah dulu dengan pak Gubernur sebagai perwakilan Kemendagri,” sambung Rektor Universitas Patria Artha ini.

Lebih jauh, Bastian juga meminta Nurdin tidak membawa masalah hubungannya dengan Danny ke urusan kerja. Sebagai atasan, NA harus menginstruksikan Rudy untuk saling bersinergi dengan nahkoda Makassar pilihan rakyat.

“Jangan baperlah, Gubernur rasa Wali Kota itu saya rasa sudah jangan dibawa lagi,” tutup Bastian.(*)


BACA JUGA