Solusi Pupuk Bersubsidi, Dewan Nasaruddin: Perbaiki RDKK

Senin, 01 Februari 2021 | 12:01 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

GOWA, GOSULSEL.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa mengusulkan untuk segera melakukan perbaikan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompoktani (RDKK) oleh Dinas Pertanian Kabupaten Gowa. Hal ini dilakukan agar keluhan kelangkaan pupuk bersubsidi bisa mendapatkan solusi.

Imbauan itu disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Gowa, Nasaruddin Sitakka usai melakukan RDP terkait ketersediaan pupuk di Kabupaten Gowa. Kamis (28/1/2021).

Dia juga mengatakan petani yang belum terdaftar RDKK agar dimasukan namanya. Sebab hal ini juga yang menjadi polemik sebab pihak PT. Pupuk Kaltim memberikan pupuk bersubsidi berdasarkan RDKK.

“Kita juga berharap Dinas Pertanian Gowa untuk secepatnya membenahi RDKK dan melakukan pendataan kepada para petani yang ada di Gowa dan yang belum terdaftar di masukan nama namanya agar kedepannya mengenai pupuk ini tidak menjadi masalah lagi,” harapnya.

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gowa juga mengimbau Dinas Pertanian Gowa untuk lebih efektif melakukan penyuluhan ke petani tentang tata cara memupuk yang baik dan benar sehingga petani dapat memahami penggunaan pupuk yang benar.

“Perlu kita ketahui pula bawa penggunaan pupuk saat ini telah diatur oleh Kementerian Pertanian RI, salah satu contoh satu hektar sawah yang dulunya menggunakan pupuk 8 sak namun karena ada perubahan berdasarkan penelitian Kementerian Pertanian untuk satu hektar sawah hanya menggunakan 6 sak sesuai aturan baru agar penggunaan pupuk tidak boros,” jelasnya.

Namun petani masih menganggap kurang karena masih menggunakan pola lama dan aturan baru ini terkait pengurangan berdasarkan hasil penelitian Kementan RI perlu di sosialisasikan juga.(*)

Tags:

BACA JUGA