Kepala Dinas Pendidikan Gowa, Dr Salam

Sentra Edukasi, Disdik Gowa Dorong Pengembangan Perpustakaan Digital

Rabu, 03 Februari 2021 | 15:53 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Salah satu program layanan pendidikan di Kabupaten Gowa adalah sentra edukasi. Di mana sentra edukasi diartikan bahwa kegiatan belajar mengajar tidak harus berada di dalam kelas dan buku bukan satu-satunya sumber belajar.

“Nah sekarang kita mengembangkan yang namanya sentra edukasi. Kita memanfaatkan lingkungan sekolah atau lingkungan masyarakat sekitar untuk membangun sentra edukasi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Dr Salam.

Salah satu contoh sentra edukasi adalah perpustakaan. MeKata Salam, nantinya perpustakaan tidak hanya akan ditemui di sekolah, tetapi di mana saja.

“Jadi lapangan syech yusuf itu nanti ada wifi yang digunakan anak-anak untuk bisa mengakses berbagai informasi. Itu namanya perpustakaan digital. Kita akan membangun perpustakaan digital. Paling tidak wifinya itu disiapkan. Jadi perpustakaan itu adalah salah satu sentra edukasi,” terangnya.

Salam menuturkan bahwa dirinya sangat senang apabila ada pemuda yang mengembangkan perpustakaan di mana-mana terutama di daerah terpencil atau desa-desa. Hanya saja, kata dia, perpustakaan tersebut harus disesuaikan dengan masyarakat sekitar.

“Misalnya di masyarakat pesisir, itu juga ada sentra edukasi terkait dengan perahu, jaring, ikan, pancing dan lain sebagainya. Di desa desa, ada buku-buku tentang tumbuh-tumbuhan, pertanian dan tanaman. Jadi fungsional sifatnya,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA