penandatanganan kerjasama terkait Pendayagunaan Potensi Daerah Guna Meningkatkan Kehidupan Masyarakat yang Religius di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Kamis (4/2/2021).

Wali Kota Bengkulu- Bupati Gowa Jalin Kerjasama Pendayagunaan Potensi Daerah

Kamis, 04 Februari 2021 | 18:40 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM-Pemerintah Kota Bengkulu melakukan kunjungan di Kabupaten Gowa sekaligus melakukan penandatanganan kerjasama terkait Pendayagunaan Potensi Daerah Guna Meningkatkan Kehidupan Masyarakat yang Religius di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Kamis (4/2/2021).

Kunjungan yang dipimpin langsung Walikota Bengkulu, Helmi Hasan didamping Ketua TP PKK Kota Bengkulu, Khairunnisa Helmi mengatakan saat ini dalam memajukan suatu daerah diperlukan kolaborasi dan sinergi yang baik. Dirinya mengaku dalam melihat profil atau capaian Pemkab Gowa banyak program yang bisa diadopsi di daerahnya begitupun sebaliknya.

“Kami ingin berkolaborasi dan bersinergi sehingga Pemkot Bengkulu melakukan kunjungan ini. Kami melihat ada beberapa program di Kabupaten Gowa yang bisa diadopsi di Bengkulu begitupun sebaliknya untuk mengembangkan masing-masing daerah,” jelasnya.

Salah satu yang tertarik untuk diadopsi kata Helmi yakni program di bidang keagamaan yaitu program 1 desa/keluarah 1 hafidz bersama dengan pembangunan rumah tahfidz. Apalagi di Bengkulu juga termasuk daerah yang berfokus pada keagamaan.

“Program 1 desa 1 hafidz ini sangat baik untuk anak kedepan dan kami berpikir untuk menduplikasinya di Bengkulu serta rumah tahfidznya karena menurut kami apapun jabatan seseorang baik polisi, tentara, birokrat tapi agamanya bisa selalu ikut pada setiap tarikan nafasnya,” tambahnya.

Selain itu pada bidang kesehatan, Helmi juga akan mempelajari program Puskesmas rawat inap yang dimiliki Pemkab Gowa dan rencananya dalam menjadikan 4 Puskesmas percontohan berlantai 3 dilengkapi peralatan laboratorium.

“Program Puskesmas juga kita ingin lebih intens membahas ini dengan kadis terkait dan bisa membawanya ke Bengkulu, ini kita lakukan agar pertemuan kita hari ini betul-betul ada manfaatnya,” jelasnya.

Sementara pada bidang pendidikan, pihaknya mengaku memiliki program serupa dengan memberikan beasiswa kepada masyarakatnya untuk belajar di universitas nasional sehingga ini akan menjadi sharing bagi sesama pemerintahan.

Menanggapi hal ini, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyambut baik kedatangan rombongan. Menurutnya ini akan menjadi awal kerjasama yang baik antar pemerintahan.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Gowa tersebut juga mengungkapkan program prioritas di Kabupaten Gowa dimana pihaknya tetap berfokus pada peningkatan SDM.

“Kami baru saja ditetapkan kembali memimpin Kabupaten Gowa untuk periode kedua dan juga masih berfokus pada peningkatan SDM salah satunya di bidang pendidikan, kesehatan, dan keagamaan,” jelasnya.

Dirinya berharap usai penandatanganan ini, komunikasi dan sinergi selalu terjalin demi membuat daerah masing-asing lebih baik di masa yang akan datang.

Pada penerimaan kunjungan ini, Bupati Gowa turut didampingi Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan bersama sejumlah pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.(*)


BACA JUGA