Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto mengukuhkan Tim Satopspatnal pemasyarakatan se-Sulsel di Aula Lapas Kelas I Makassar, Senin (08/02/2021).

Kukuhkan Satopspatnal Pemasyarakatan, Ini Pesan Harun Sulianto

Senin, 08 Februari 2021 | 23:35 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto mengukuhkan Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) pemasyarakatan se-Sulsel. Pengukuhan ditandai melalui penyematan badge secara simbolis kepada perwakilan tim.

Kegiatan berlangsung di Aula Lapas Kelas I Makassar, Senin (08/02/2021). Dihadiri Kadiv Pemasyarakatan, Edi Kurniadi dan seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan baik secara langsung dan via daring.

 

Harun meminta jajarannya untuk terus menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat dengan menjaga kesehatan dan menerapkan 5M. Adapun 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. 

 

Selanjutnya, ia juga berpesan kepada satuan tugas yang dikukuhkan untuk dapat bekerja secara efektif dengan menerapkan tehnik intelejen. “Jadi jangan formalitas saja dilantik dan dikukuhkan, karena ini merupakan perpanjangan tangan dari Kepala UPT,” ucapnya.

 

Lebih lanjut, Kepala UPT turut diminta dapat melakukan deteksi dini terhadap gangguan keamanan baik yang sifatnya statis maupun bersifat dinamis. Karena kerawanan gangguan keamanan dan ketertiban disumbangkan tidak saja persoalan keamanan yang bersifat statis seperti kelalaian penjagaan namun juga disumbangkan oleh persoalan keamanan dinamis yang muncul dari aspek eksternal. 

 

“Lakukan pengawasan dan pemeriksaan pada layanan kunjungan, penjagaan, pengawalan, penempatan kamar, penyediaan bahan makanan dan pemberian hak integrasi bagi narapidana dan tahanan,” tegas Harun . 

 

Harus mengingatkan kepada seluruh Kepala UPT untuk dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban di hari libur. Kemudian, kata dia, mereka mesti melakukan pembinaan yang produktif dan inovatif bagi wargabinaan agar bisa mendukung keamanan dan ketertiban dalam Lapas dan Rutan. 

 

Selanjutnya, Kepala UPT harus menjadi contoh atau role model bagi pegawai dan warga binaan yang jadi tanggungjawabnya . Di akhir, Harun berharap, kehadiran tim ini bisa memberikan kontribusi positif dan memberikan nilai tambah dalam menekan potensi gangguan keamanan dan ketertiban. 

 

Sementara itu, Kadiv Pemasyarakatan, Edi Kurniadi menambahkan agar seluruh Kepala UPT melakukan pengamanan di semua area. Petakan titik-titik rawan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban serta laksanakan arahan pimpinan dalam pelaksanaan tugas. (*)


BACA JUGA