Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI pada 9 Februari

Anugerah Kebudayaan PWI, TP Satu-satunya Kepala Daerah di Sulsel Terima Penghargaan

Kamis, 11 Februari 2021 | 15:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) terpilih menjadi salah satu penerima Penghargaan Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat. Penghargaan ini menambah koleksi Pemkot Parepare yang kini berjumlah 184 penghargaan selama Taufan menjabat.

Tak hanya itu, perhargaan ini yang diraih Taufan merupakan satu-satunya penghargaan yang diterima Wali Kota di Sulsel. Bahkan, di Indonesia Timur.

Penyerahan penghargaan diberikan pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021, bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara daring maupun luring pada 9 Februari 2021. Taufan terpilih meraih penghargaan bersama 9 Bupati/Wali Kota lainnya.

Ketua Umum PWI, Atal S mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi insan pers terhadap para Bupati/Wali Kota yang peduli kebudayaan dan literasi media yang dipilih oleh tim juri. Terdiri dari para wartawan senior, penulis, budayawan dan akademisi, serta pekerja seni-budaya.

Ia menambahkan, ke-10 Bupati/Wali Kota penerima anugerah ini memiliki strategi, kinerja, dan kekuatan masing-masing dalam pemajuan kebudayaan daerahnya. Baik sebelum maupun pada saat pandemi.

“Pada umumnya, mereka merawat warisan masa lalu, kemudian merawat, memanfaatkan, mengembangkan dan melindunginya, dengan berbagai regulasi,” katanya. 

“Selain itu mengembangkan dengan ‘bungkus’ dan cara masa kini, termasuk di dalamnya menggunakan teknologi dan media sosial. Dengan demikian budaya lokal bisa menyumbangkan warna pada kebudayaan nasional, sekaligus global,” sambungnya.

Sementara Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi PWI untuk kepada pemerintah daerah. Ini karena memajukan pembangunan kebudayaan daerahnya.

“Pengaharggan ini sebagai bentuk apresiasi dari PWI dalam menilai kinerja-kinerja daerah untuk mengatifkan kearifan lokal dalam peningkatan kebudayaan yang ada di Kota Parepare,” kata Taufan.

TP menambahkan, penghargaan ini akan menjadi motivasi Pemkot Parepare. Agar selalu meningkatkan kebudayaan dan pariwisata untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat.

“Target ke depan untuk mensejahterakan masyarakat. Dengan penghargaan ini tentu menjadi motivasi kami jajaran pemerintahan kota agar Parepare bisa menjadi objek wisata yang dikenal sebagai Kota Bj Habibie,” pungkasnya.

Berikut 10 Kepala Daerah di Indonesia yang Menerima Penghargaan Penghargaan Anugerah Kebudayaan PWI:

1. Wali Kota Parepare, Taufan Pawe

2. Wali Kota Denpasar, IB Dharmawijaya Mantra

3. Bupati Majalengka, Karna Sobahi

4. Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari 

5. Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono 

6. Wali Kota Singkawang, Tjahi Chui Mie 

7. Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir 

8. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi

9. Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto

10. Bupati Banggai, Herwin Yatim.(*)