Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulawesi Selatan, Budi Hanoto

Bank Indonesia Optimis Tren Pemulihan Ekonomi 2021 Terus Berlanjut di Sulsel

Sabtu, 13 Februari 2021 | 17:35 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Tren pemulihan atau perbaikan ekonomi Sulawesi Selatan (Sulsel) diprediksi membaik. Bahkan, bisa berlanjut di tahun 2021 ini.

Kepala Perwakilan BI Sulsel, Budi Hanoto menyampaikan hal itu dalam taklimat media di Makassar belum lama ini. Kegiatan itu membahas perkembangan dan prospek perekonomian Sulsel.

“Saya prediksi pertumbuhan ekonomi terus melanjutkan perbaikan. Vaksinasi salah satu faktor,” katanya.

Budi menambahkan pertumbuhan ekonomi Sulsel akan mengalami perbaikan lebih tinggi. Ketimbang kinerja nasional. 

Seperti yang menjadi rekam jejak (history) selama ini. Didukung kinerja investasi dan ekspor yang ikut andil dalam pemulihan ekonomi.

“Kalau Sulsel, sektor pertanian dan perikanan ikut membantu,” tambah Budi.

Prospek ekonomi yang juga mempengaruhi yaitu disiplin protokol kesehatan masyarakat. Menyusul penyebaran virus Covid-19 diprediksi masih terjadi dan berlanjut.

“Insya Allah 2021 dengan kondisi yang kita lihat siklusnya sudah mulai bagus, masyarakat menjadi lebih bagus daya belinya, tentunya harapan kami lebih bagus lagi,” jelas Budi.

Di triwulan pertama 2021, ada beberapa sektor yang berkontribusi dalam pemulihan ekonomi. Seperti percepatan realisasi belanja pemerintah daerah, stimulus PEN, peningkatan konsumsi seiring pemulihan ekonomi, serta perkembangan vaksinasi.

Sedangkan sejumlah risiko yang bisa memperlambat perekonomian. Misalnya angka kasus positif Covid-19 yang masih terus mengalami peningkatan, kenaikan gaji ASN yang tidak setinggi tahun 2020 lalu, dan perbaikan daya beli masyarakat yang membutuhkan waktu lebih lama.

“Ada risiko utamanya Covid-19, karena ini kasus meningkat,” pungkas Budi.(*)


BACA JUGA