FOTO: Sosialisasi program beasiswa oleh BI Sulsel/Kamis, 11 Februari 2021/Ist

BI Sulsel Sosialisasi Program Beasiswa 2021, Pendaftaran Hingga 28 Februari

Minggu, 14 Februari 2021 | 10:27 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Kota Makassar dibekali pengetahuan khusus. Ini tentang bagaimana cara untuk mendapatkan beasiswa dari Bank Sentral.

Kegiatan digelar secara virtual oleh kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (11/02/2021).

Deputi Direktur, Edwin Permadi hadir sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan apreasiasi dan kerja sama serta koordinasi yang baik dengan mitra perguruan tinggi. Di mana dalam menyalurkan bantuan dana pendidikan.

Program beasiswa ini hadir dengan beberapa maksud dan tujuan. Seperti peningkatan angka partisipasi pendidikan tinggi, indeks pembangunan dan daya saing bangsa.

Selain itu, optimalisasi potensi. Dan meningkatkan prestasi untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mandiri dan produktif.

“Fokus sosialisasi kali ini terkait tata cara maupun syarat dan ketentuan serta tanggung jawab mahasiswa yang nantinya lolos seleksi beasiswa,” jelasnya.

“Sebenarnya tidak jauh berbeda dari prosedur sebelumnya, namun sosialisasi ini membuka kesempatan bagi peserta untuk bertanya secara langsung,” sambung Edwin.

Sementara itu, Asisten Direktur, Abdul Azis menuturkan dua kriteria beasiswa yang tersedia. Diantaranya beasiswa unggulan dan beasiswa reguler.

Program tersebut khusus untuk mahasiswa jenjang sarjana. Ada sejumlah persyaratan dan juga berkas yang perlu dikumpulkan.

“Untuk kriteria beasiswa unggulan, jumlah kuota 30 mahasiswa dengan bantuan dana 1.5 juta perbulan,” katanya.

Sementara itu, untuk beasiswa reguler jumlah kuota 75 mahasiswa dengan bantuan dana 1 juta tiap bulannya. “Dua kriteria beasiswa ini memiliki syarat tertentu,” ungkap Abdul.

Mahasiswa yang berhasil lolos beasiswa BI secara langsung juga terlibat dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI). Program ini memberi peluang kepada mahasiswa untuk mengkomunikasikan kelembagaan dan berbagai kebijakan BI kepada sesama mahasiswa dan masyarakat umum.

Mahasiswa juga menjadi role model. Dan sebagai pemimpin muda berbagai bidang dan tingkatan.

Bagi mahasiswa yang berminat dapat segera melakukan pengumpulan berkas. Tenggat waktu sampai pada 28 Februari 2021 untuk selanjutnya melalui tahapan seleksi.

Sosialisasi ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Unhas. Melainkan diikuti pula mahasiswa dari UNM dan UIN Alauddin Makassar.

Proses sosialisasi berlangsung lancar, seluruh peserta aktif memberikan pertanyaan. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 350 peserta berlangsung lancar hingga pukul 12.00 WITA. (*)


BACA JUGA