PTPN XIV siap berinovasi di ajang PIS 2021

Ajang Planters Innovation Summit, PTPN XIV Siap Buat Gebrakan

Sabtu, 20 Februari 2021 | 23:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Perkebunan Nusantara Group membuka kesempatan berinovasi melalui Planters Innovation Summit (PIS) 2021. PTPN XIV sebagai anak perusahaan di Makassar menggelar pertemuan daring dengan pembahasan technical meeting (TM) secara internal, Jumat (19/02/2021).

Pertemuan via aplikasi Zoom tersebut dihadiri oleh seluruh unit usaha PTPN XIV. Kegiatan technical meeting ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan TM Planters Innovation Summit 2021.

Sebelumnya telah dilakukan khusus oleh Holding Perkebunan Nusantara Grup. Di mana bertemu dengan seluruh perwakilan koordinator pelaksana dari masing-masing entitas PT Perkebunan Nusantara. 

Kepala Bagian (Kabag) Sumber Daya Manusia (SDM) PTPN XIV, Rizwan Marzuki mengatakan bahwa pihaknya sudah hari telah melaksanakan lomba inovasi serupa PIS. Punya lebih pengamalan untuk menjadi yang terbaik kedepannya.

“Kegiatan ini sudah kita lakukan. Namun hanya tingkat Sulsel diikuti oleh para karyawan di seluruh Unit Usaha PTPN XIV. PIS ini perdana dilakukan secara nasional. Ayo kita berinovasi,” ujar Rizwan.

Kegiatan PIS 2021 ini dilakukan untuk menggali inovasi yang akan berdampak pada kemajuan perusahaan. Ajang ini tidak membatasi peserta yang ingin ikut andil dalam menuangkan ide kreatifnya, termasuk oleh para Calon Karyawan Pimpinan PTPN.

“Seluruh karyawan boleh memasukkan proposal di PIS ini termasuk para calon karyawan pimpinan, mereka harus ikut berpartisipasi,” kata Kabag Keuangan PTPN XIV, Maalun Lamau.

Pengumpulan proposal PIS 2021 dimulai sejak Kamis (18/02/2021). Kemudian akan ditutup pada tanggal 12 Maret nanti.

“Terdapat tiga kategori lomba pada PIS 2021. Pertama Bussines Strategy, yang kedua Technology Breakthrough, dan terakhir adalah Social Innovation. Rencananya, 9 besar terpilih akan diikutkan pada Bootcamp Innovation,” sambungnya. 

Kemudian akan dipilih juara kompetisi Inovasi Planters Innovation Summit 2021 pada Panel Judgement. Belum ada kepastian apakah Panel Judement akan dilaksanakan secara online/offline, kita akan melihat kondisi nantinya,” kata Panitia PIS 2021 dari PTPN XIV, Marhawi.

Penilaian dalam Planters Innovation Summit 2021 akan dilakukan sebanyak tiga tahapan. Tahapan pertama adalah seleksi Internal Proposal. Tahapan ini akan diseleksi oleh panitia di entitas perusahaan masing-masing. Enam proposal terbaik akan masuk ke tahapan berikutnya. 

Pada tahapan kedua, perwakilan enam proposal dari setiap entitas akan dipertandingkan. Tim penilai pada tahapan ini menggunakan assessor ahli baik internal maupun eksternal Holding Perkebunan Nusantara. 

Sebanyak 30 proposal terpilih akan menuju ke seleksi ketiga. Selanjutnya 30 proposal tersebut, akan diambil 9 besar proposal. Tiga proposal akan terpilih pada masing-masing kategori.

“Terkait orisinalitas, ada kemungkinan proposal para para peserta akan baik secara sengaja ataupun tidak sengaja akan memiliki kesamaan dengan teknologi/inovasi yang sudah ada,” jelasnya.

Sehingga tim penilai harus lebih jeli dalam menyaring proposal yang benar-benar orisinil hasil karya sendiri,” ujar Kabag Teknologi dan Pengolahan PTPN XIV, Wardi Samad.

Wardi Samad mengajukan orisinalitas karya para peserta dan diwajibkan melampirkan surat pernyataan orisinalitas karya. Surat ditandatangani oleh seluruh peserta lomba. 

Seluruh peserta bertanggung jawab penuh atas proposal yang mereka ajukan. Jika terdapat keberatan, klaim, serta tuntutan hukum yang timbul dari perselisihan hak cipta.(*)