illustrasi pengaspalan jalan

Dinas PUTR Gowa Usulkan Anggaran Pengaspalan Jalan Batas Tombolopao-Bontocani Bone

Rabu, 24 Februari 2021 | 12:26 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM–Akses jalan di wilayah perbatasan jadi perhatian Pemerintah kabupaten (Pemkab) Gowa. Tahun depan, jalan tembus yang menghubungkan kecamatan Tombolopao dan kecamatan Bontocani, Bone bakal diaspal.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Gowa, Rusdy Alimuddin mengatakan, pihaknya telah memasukkan proposal bantuan anggaran ke Pemprov Sulsel untuk pengaspalan jalan di batas Gowa-Bone itu. Nilainya sebesar Rp15 miliar.

“Harapan kita Pemprov Sulsel merespon. Sehingga tahun 2022 bisami dikerja,” ujar Rusdy di ruang kerjanya, Selasa (23/2/2021).

Bekas Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU Gowa ini mengungkapkan, dalam proposal yang diajukan ke pemprov, jalan tembus batas Gowa-Bone yang nantinya diusulkan diaspal hotmix sepanjang 10 kilometer.

Mulai dari Desa Erelembang hingga batas Dusun Patuku, kecamatan Bontocani. Kata dia, sejak jaman Belanda sampai sekarang, jalan disitu tidak pernah tersentuh penanganan. Lokasinya pun sangat terpencil.

“Makanya kita koordinasi ke Pemprov. Apalagi ini jalan menghubungkan antar kabupaten,” terang dia.

Selain perbatasan Gowa-Bone, lanjut Rusdy, pihaknya juga telah melakukan pengaspalan hotmix di ruas jalan yang menghubungkan antara Gowa dan Maros. Tepatnya di Dusun Sangngiriang, kecamatan Tinggimoncong.(*)


BACA JUGA