Wali Kota Makassar terpilih, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto saat ditemui di Balai Kota, Senin (15/02/2021).

Melalui GeNose Covid-19, Danny Bakal Tracing Seluruh Warga Makassar

Rabu, 24 Februari 2021 | 18:41 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wali Kota Makassar terpilih, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto tengah merancang formulasi baru untuk menangani Covid-19. Cara lama ditinggalkan sebagai tidak kurang efektif.

Seluruh masyarakat di Kota Makassar akan diperiksa melalui GeNose. Merupakan alat pendeteksi virus Covid-19 yang dikembangkan ahli Universitas Gajah Mada (UGM).

Rencananya, Danny Pomanto akan mendatangkan 1.000 unit mesin GeNose untuk membantu penanganan Covid. Program ini rencananya diluncurkan pada awal Maret nanti.

Danny mengatakan, saat ini, Makassar sudah dikepung virus Covid-19. Penanganannya tak boleh tanggung.

“100 persen semua masyarakat Kota Makassar akan kita periksa melalui GeNose, kalau berstatus OTG atau terpapar ringan maka langsung antigen,” kata Danny, Selasa (23/02/2021).

Sementara itu, penanganan bagi mereka yang berstatus sedang dan berat dilakukan secara terpisah. Mereka bakal langsung pemeriksaan tes usap atau PCR.

Danny mengatakan dirinya berkomitmen untuk terbuka dan transparan soal anggaran. Ia mengatakan akan mengumumkan hal tersebut di media.

“Ini bukan uang sedikit, lebih baik ini jelas ini barang, mau 500 atau 400 miliar yang pasti jelas ini barang,” ujar Wali Kota Makassar 2014-2019 ini.

Saat ini, Danny menilai masyarakat tengah berburu dengan virus Corona. Ia mengatakan Corona sudah menyerbu semua rumah. Menurutnya, saat ini sudah ada 40 persen penyintas Covid-19 di Kota Makassar yang setara dengan 600 ribu warga.

“Sementara data yang ada sekarang baru puluhan ribu,” tandas Danny. (*)


BACA JUGA