Pemkot Makassar memeriksa Randis roda empat di Lapangan Karebosi, Rabu (24/02/2021).

Ratusan Randis Masih Dikuasai Pensiunan, Pemkot Lakukan Penertiban

Rabu, 24 Februari 2021 | 18:46 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemkot Makassar memeriksa kendaraan dinas (Randis) roda empat di Lapangan Karebosi, Rabu (24/02/2021). Pemeriksaan dilakukan terhadap 51 SKPD.

“Kegiatan kami hari ini, ada kaitannya dengan ketertiban, targetnya itu kendaraan dinas di seluruh SKPD,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Rachmat Azis.

pt-vale-indonesia

Berdasarkan data BPKAD, tercatat ada 301 unit kendaraan roda 4 akan diperiksa. Tetapi, kata dia, sampai saat ini baru 66 randis yang datang.

“Sampai hari ini, sekarang sudah ada kurang lebih tadi 61 tambah 5 unit, jadi 66 unit,
dilaksanakan sampai selesai sekretariat,
ini hanya cek langsung, dan itu juga akan berlaku untuk SKPD lainnya,” terang Rahmat.

Adapun jenis pemeriksaan yaitu, cek fisik, kelayakan penggunaan, kesesuaian nomor kendaraan dinas, dan STNK-nya. “Karena ada kemungkinan besar yang sudah tidak layak lagi, terutama yang terkait dengan kendaraan dinas jabatan,” jelasnya.

“Juga terkait peruntukan sesuai jabatan, semisal ada kendaraan jabatan yang khusus eselon II, tapi menggunakan kendaraan untuk eselon III, atau sebaliknya, itu yang juga mau kita tertibkan,” sambung Rahmat.

Rachmat juga mengungkapkan bahwa masih ada 338 randis roda 4 dan 2 yang masih dikuasai oleh pihak ketiga. Adapun yang dimaksud ialah pensiunan PNS atau pejabat yang sudah non aktif.

“Itulah hari ini kita melakukan penertiban kembali, karena masih ada beberapa kendaraan kita yang diluar dari tugas fungsinya, artinya dikuasai pihak lain,” jelas Rahmat.

“Dalam hal ini, pejabat atau pegawai PNS yang masa jabatan non-aktif, atau pensiunlah. Jelas kami sudah lakukan deteksi terkait itu, dan upaya penarikan akan kita lakukan sampai hari ini,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA