Konferensi pers virtual kerjasama Pegadaian dan LinkAja, Rabu (24/02/2021).

Demi Optimalisasi Layanan Digital, Pegadaian Kini Gandeng LinkAja

Kamis, 25 Februari 2021 | 14:50 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pegadaian semakin memperbanyak pilihan channel untuk nasabah setelah resmi berkolaborasi dengan LinkAja. Dengan adanya sinergi tersebut, saat ini masyarakat dapat mengakses layanan keuangan digital khususnya produk-produk Pegadaian melalui aplikasi LinkAja.

Adapun layanan Pegadaian yang dihadirkan antara lain pembukaan dan pembelian / top up tabungan emas. Lalu, pembayaran cicilan mikro seperti pinjaman bermotor dan pembiayaan, serta pembayaran penebusan dan pengulangan gadai.

Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian (Persero), Teguh Wahyono mengungkapkan sebagai BUMN Pegadaian berkomitmen untuk menghadirkan ekosistem digital inklusif untuk seluruh masyarakat.

“Sinergi antara Pegadaian dan LinkAja adalah salah satu misi Pegadaian untuk memperluas jangkauan layanan dan memberikan service excellence yang fokus pada bisnis proses yang sederhana dan digital,” kata Teguh saat konferensi pers virtual, Rabu (24/02/2021).

“Peran LinkAja sebagai uang elektronik nasional juga penting sebagai katalisator bagi masyarakat memperoleh produk Pegadaian,” jelasnya.

Gerakan Nasional Non Tunai memang semakin digencarkan. Ini sebagai bentuk adaptasi perubahan perilaku masyarakat yang semakin adaptif terhadap teknologi. Memang juga berdampak terhadap meningkatnya inklusi keuangan nasional.

Pegadaian Kanwil VI Makassar sendiri selama tahun 2020 telah membukukan 9.176.743 transaksi non tunai. Adapun dengan total transaksi sebesar Rp1,4 Miliar.

Untuk menyemarakkan momen peluncuran kerjasama, Pegadaian secara khusus memberikan promosi berupa cashback sebesar Rp10.000 untuk pembelian atau top up tabungan emas. Minimal Rp 100.000 dan cashback pembayaran cicilan sebesar Rp5.000.

Selain bekerjasama dengan LinkAja, untuk mempertegas komitmen dalam transformasi digital, Pegadaian juga melakukan kolaborasi dengan beberapa perusahaan di ranah bisnis digital lainnya. Seperti Tokopedia, Blibli.com, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya.

Bentuk kolaborasi yang disepakati juga beragam, tidak hanya tentang menghadirkan layanan digital produk-produk Pegadaian di berbagai platform aplikasi. Tapi juga bekerjasama untuk menghadirkan agen-agen Pegadaian.

Seperti yang terbaru adalah sinergi antara Pegadaian dengan Lazada. Keduanya memberdayakan mitra-mitra logistik atau kurir Lazada menjadi agen Pegadaian. (*)