Berolahraga

Yuk, Intip Kiat Tetap Fit Selama Masa Menstruasi

Minggu, 28 Februari 2021 | 11:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Saat sedang menstruasi, banyak ladies yang cenderung memilih untuk berhenti berolahraga sejenak. Padahal menurut penelitian, berolahraga saat menstruasi justru memiliki banyak manfaat, salah satunya mengatasi gejala menstruasi (PMS).

Menghadirkan Amazfit GTS 2 mini yang dilengkapi fitur Female Cycle Tracking, sebagai brand jam tangan pintar (smartwatch) yang diproduksi Huami Technology dan telah dipasarkan di lebih dari 70 negara di dunia, Amazfit mengajak para ladies di Indonesia untuk tetap aktif berolahraga selama masa menstruasi.

Dengan memilih jenis olahraga yang tepat dan rutin memantau tanda-tanda kesehatan seperti jadwal menstruasi, saturasi oksigen, detak jantung, kualitas tidur, dan tingkat stress, para ladies pun dapat menjalani masa menstruasi dengan lebih sehat dan bahagia.

dr. Monica Surjanto, Sp.KO, Dokter Kedokteran Olahraga menjelaskan, “Selain dapat mengatasi gejala menstruasi seperti rasa lelah, pegal, nyeri ataupun kram, berolahraga saat menstruasi juga dapat meningkatkan hormon endorfin sehingga membuat mood kita lebih menjadi lebih baik dan rileks. Yang perlu diperhatikan oleh para ladies adalah memilih jenis olahraga yang tepat, karena tidak semua jenis olahraga baik dilakukan saat menstruasi.”  

Berikut ini jenis-jenis olahraga yang disarankan untuk dilakukan saat menstruasi:

Lakukan latihan kardio dengan intensitas ringan pada saat hari-hari awal menstruasi. Ketika volume darah sudah tidak mengalir banyak, ladies dapat meningkatkan intensitas latihan menjadi intensitas sedang sampai tinggi. Pilihan latihan kardio seperti berjalan kaki, bersepeda, ataupun jogging.

Saat menstruasi, terjadi pelepasan hormon kewanitaan dan hal ini dapat menyebabkan perubahan pada struktur ligamen persendian sehingga rentan mengalami cedera, khususnya cedera robekan ACL. Latihan kekuatan otot tetap menjadi pilihan namun hindari gerakan yang terlalu berlebihan agar tidak mengalami cedera.

Dua hingga tiga hari menjelang menstruasi adalah waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas seperti yoga, yang dapat membantu merilekskan tubuh dan berpotensi mengurangi gejala seperti kram, nyeri payudara, serta kelelahan dan nyeri otot. Sedangkan saat menstruasi sebaiknya hindari gerakan headstand karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Jika tidak mengalami gejala PMS selama menstruasi, ladies bisa memilih pilates. Perhatikan kondisi tubuh, jika ternyata tubuh tidak berkinerja seperti biasanya, kurangi intensitasnya.

Untuk menguatkan komitmennya dalam mendukung terciptanya masyarakat Indonesia yang lebih sehat, Amazfit berinisiatif mengajak para ladies untuk menjalani gaya hidup sehat dan aktif dengan menghadirkan produk yang dirancang untuk melengkapi gaya hidup para ladies yaitu Amazfit GTS 2 mini yang menawarkan berbagai fitur kesehatan modern seperti Female Cycle Tracking, PAI Health System, 70+ Sport Modes, Sleep and Stress Monitoring, serta Blood-Oxygen Saturation Measurement.

Agar sesuai dengan style modis para ladies, Amazfit GTS 2 mini mengadopsi desain tanpa bingkai yang menampilkan layar AMOLED 1,55 inci dengan kaca 2,5D melengkung. Dengan bobot ringan 19,5 gram, ketebalan 8,95 mm (tanpa alas sensor), dan tali silikon yang ramah kulit, GTS 2 mini memungkinkan para ladies untuk bisa menikmati waktu dengan nyaman.

Dirancang sebagai jam tangan pintar yang trendi, GTS 2 mini juga dapat dipersonalisasi untuk mencerminkan karakter unik setiap pengguna dengan 50+ tampilan jam yang dapat dipilih sesuai dengan mood kamu. Dibekali baterai 220mAh, Amazfit GTS 2 mini siap menemani ladies menjalani aktivitas hingga 14 hari tanpa pengisian daya. Amazfit GTS 2 mini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu; Midnight Black, Flamingo Pink dan Sage Green.

Agar bisa memonitor masa menstruasi lebih dekat, ladies bisa mendapatkan Amazfit GTS 2 mini di merchant resmi Amazfit yang terdapat di Tokopedia & Shopee.(*)