Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto saat Rapat Perdana Pengarahan SKPD di Ruang Rapat Sipakatau Balai Kota Makassar, Senin (01/03/2021).

Bisa Bikin Kemacetan, Danny Soroti AMDAL Lalin Pembangunan Stadion Mattoanging

Selasa, 02 Maret 2021 | 11:50 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyoroti pembangunan Stadion Mattoanging. Ia menduga proyek tersebut menyalahi aturan.

Adapun aturan yang dilabrak, dinilainya seiring lahan parkir yang kurang memadai dalam desain yang diterima. Dikhawatirkan banyak kendaraan parkir di jalan utama saat keadaan tertentu. Sehingga, memicu terjadinya kemacetan di ruas jalan sekitar.

Danny pun menginstruksikan Dinas Perhubungan (Dishub) mengevaluasi Amdal Lalin Gedung Olahraga tersebut. Temuan pelanggaran berdasarkan laporan masyarakat.

“Evaluasi kembali. Ini perintah. saya tidak mau ada sesuatu melanggar hukum di Makassar,” tegas Danny, Selasa (02/03/2021).

Pembangunan Stadion Mattoanging terkesan luput dari pengawasan selama ini. Analisis mengenai dampak lalu lintas seharusnya dilakukan secara matang.

“Kapasitas penonton stadion itu besar. Ada sekitar 40 ribu kendaraan yang mau parkir jika ada event disana. Tidak bisa semua kalau di dalam, jadi pasti di jalan itu buat macet,” jelas Danny.

Danny juga memandang soal keberadaan arena sepak bola itu. Dinilainya akan berdampak terhadap kemacetan lalu lintas di Jalan Ratulangi dan Jalan Pajonga Daeng Ngalle.

“Dalam tata ruang kita, kawasan olahraga terpadu itu ada di barombong. Stadion mattoangin itu seharusnya jadi heritage, dipertahankan bangunannya seperti itu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Makassar Mario Said mengatakan siap mengikuti arahan pimpinan. Menanggapi alasan pemberian izin sebelumnya, tidak dijelaskan lebih lanjut.

Dalam pantauan, pengerjaan Stadion Mattoanging saat ini terus berjalan. Bangunan yang lama telah dihancurkan sebab berencana akan direvitalisasi. (*)


BACA JUGA