Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPRD Gowa.

Tindaklanjuti Temuan Gakkum LHK, DPRD Gowa Kembali Lakukan RDP

Selasa, 02 Maret 2021 | 20:24 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Komisi III DPRD Kabupaten Gowa kembali melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait hasil temuan Gakkum terhadap perusahaan sirup milik PT Duta Harapan Tunggal (DHT) yang diduga telah melakukan pencemaran lingkungan.

RDP tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi III DPRD Gowa, Andi Lukman Naba. Turut hadir pihak perusahaan PT DHT, pemerhati lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup beserta legislator lainnya. Selasa (2/3/2021)

Pihak PT DHT, Erna mengaku bahwa saat ini pihaknya telah memenuhi 95 persen dari 28 item yang dipersyaratkan.

“Teknisnya 95 persen telah selesai. Sedangkan yang 5 persen itu tinggal kelengkapan. Kemarin pengambilan sampel pertama. Kemudian sampel kedua diambil kembali untuk dilakukan perbaikan,” jelas Erna.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Azhari Azis menyampaikan bahwa progres dari perusahaan sirup tersebut telah melakukan sampel yang ketiga kalinya. Apabila hasil sampel ketiga sudah terpenuhi, pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan Gakkum.

“Bilamana ini sudah bagus, baru kita akan buka kembali perijinannya,” jelas Azhari.

Suwandi Sultan, Pemerhati Lingkungan Environmental Health Students Association (Envisha) mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih terus melakukan pemantauan dan pengawasan terkait hal tersebut.

“Apabila masih ada yang merugikan masyarakat, maka tentu akan kami terus tindaklanjuti temuan ini,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Gowa Andi Lukman Naba berharap semua item yang dipersyaratkan dapat segera terpenuhi oleh pihak perusahaan.

“Kalaupun benar bahwa DHT bisa menyelesaikan dalam empat bulan itu sudah sangat luar biasa. Harapan kami juga DHT bisa bekerja yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” tutupnya.(*)

Tags:

BACA JUGA