Stadion Mattoanging dibongkar untuk direnovasi, Rabu (21/10/2020).

Dishub Makassar Akan Surati Dispora Sulsel Terkait Pembangunan Stadion Mattoanging

Kamis, 04 Maret 2021 | 22:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar bakal menyurati Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel. Diminta untuk mengecek kembali Analis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Lalu Lintas (Lalin) pembangunan Stadion Mattoanging.

“Segera kita akan menyurat dulu untuk disampaikan ke Dispora Provinsi. Kemudian kita tunggu mereka,” kata Kepala Dishub Kota Makassar, Mario Said, Kamis (04/03/2021).

Mario menyebut sudah melakukan konsultasi. Ini sudah berdasarkan arahan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto.

“Kita memang harus lakukan review, bahwa DED-nya itu ada perubahan. Sehingga ini yang kita perlu cari,” sambung Mario.

Sebelumnya, Danny Pomanto menilai pembangunan Stadion Mattoanging penuh persoalan. Salah satunya tak mengantongi AMDAL Lalin.

Danny pun meminta Dishub Kota Makassar melakukan evaluasi akibat dampak pembangunan stadion tersebut. “Saya tidak mau ada sesuatu melanggar hukum di Makassar,” kata Danny, Rabu (03/03/2021).

Danny menilai, selama ini pembangunan gedung tersebut terkesan luput dari pengawasan. Ia menyebut dampak lalu lintas atau AMDAL Lalin seharusnya dilakukan secara matang.

“Kapasitas penonton stadion itu besar. Ada sekitar 40 ribu kapasitas yang mau parkir jika ada event di sana. Tidak bisa semua kalau di dalam, jadi pasti di jalan itu buat macet,” jelasnya.

Terakhir, Danny memandang keberadaan arena sepak bola itu dinilai akan berdampak terhadap kemacetan lalu lintas di Ratulangi dan Cendrawasih.

“Dalam tata ruang kita, kawasan olahraga terpadu itu ada di barombong. Stadion mattoangin itu seharusnya jadi heritage, dipertahankan bangunannya seperti itu,” tandas Danny.(*)


BACA JUGA