Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto usai peluncuran Makassar Recover di DP Hall Kediaman Pribadinya, Jumat (05/03/2021)

RTH di Mattoanging, Stadion Disiapkan di Untia

Senin, 08 Maret 2021 | 16:41 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wali Kota, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memberikan rekomendasi pemanfaatan lahan Stadion Mattoanging. Nantinya dibuat menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang bisa digunakan masyarakat luas.

“Buat RTH yang isinya 10 lapangan sepak bola mini yang bisa dipakai anak-anak kita, kan sama ji,” kata Danny saat ditemui di Hotel Four Points by Sheraton, Senin (08/03/2021).

Di sekitar RTH atau taman akan dibuat monumen atau patung legenda sepak bola Makassar, seperti Ramang. Tujuannya, mendorong semangat para generasi muda untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang olahraga.

Namun itu baru sebatas usulan. Keputusan tetap berada di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai pemilik lahan.

“Kita bikin juga patungnya, jadi namanya RTH Ramang. Ide ini baru kita usulkan pemprov,” tambah Wali Kota Makassar 2014-2019 ini.

Danny juga menanggapi sikap penolakan sejumlah pihak. Ini jika stadion berada di Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate.

Alasannya beragam, seperti kemacetan lalu lintas. Dampak menyempitnya ruas jalan di Jembatan Barombong tepatnya di pengujung Jalan Metro Tanjung Bunga.

Danny mengusulkan pemanfaatkan lahan Pemkot Makassar yang berada di Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanayya. Luas dan akses dinilai tepat untuk pembangunan stadion.

“Kalau tidak mau di Barombong, ada di untia tanahnya Pemkot disitu. Luasnya disana 18 hektar, yang dibutuhkan cuman 6 hektar. Disana nanti ada jalan besar jadi lalu lintasnya pas buangannya disana,” tutupnya. (*)


BACA JUGA