BPJamsostek Sulama menggelar FGD dan Survey K3, Senin (08/03/2021).

Gelar FGD, BPJamsostek Sulama Ikut Kampanyekan Bulan K3

Selasa, 09 Maret 2021 | 12:16 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Wilayah Sulawesi Maluku (Sulama) ikut mendukung kampanye bulan K3 Nasional 2021. Pihaknya pun mengedukasi pentingnya penerapan K3 dalam lingkungan kerja dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) dan Survey K3, Senin (08/03/2021).

Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan selaku Pps Deputi Direktur Wilayah BPJamsostek Sulama, Brian Aprinto menjelaskan soal FGD dan Survey K3 ini. Kegiatan ini digelar dalam rangka membangun kesadaran K3 bersama para stakeholder.

pt-vale-indonesia

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulsel yang diwakili oleh Kepala Seksi Pembinaan Norma K3 Dinas Ketenagakerjaan Sulsel, Giawan Lussa. Kemudian dari pihak perusahaan antara lain PT. Eastern Pearl Flour Mills, PT. Semen Tonasa, PT. Traya Tirta Makassar, PT. Mallindo, Kalla Devcon, dan Fakultas Teknik Unhas.

Rangkaian kegiatan diawali dengan diskusi terkait Pelaksanaan Budaya K3 di Berbagai Sektor Usaha Sulsel dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Lomba Karya Tulis K3 Sulsel Tahun 2021. Selanjutnya dilakukan survey Hazard Risk Assesment di Lingkungan Kerja kepada seluruh peserta FGD.

“Kegiatan FGD dan survey K3 ini diselenggarakan dalam rangkaian peringatan bulan K3 Nasional 2021 di Sulawesi Selatan,” jelasnya.

“Disamping kegiatan FGD, Disnakertrans bersama BPJAMSOSTEK bersama perusahaan lainnya juga menyelenggarakan kompetisi Karya Tulis tentang perilaku K3 yang diikuti oleh 16 (Enam Belas) Peserta dari berbagai unsur masyarakat dengan mengusung Tema penerapan Praktis K3 di Tempat Kerja,” tambahnya.

Berikut pemenang Lomba Karya Tulis K3 Prov. SulSel Tahun 2021 :
Juara 1: Nurul Mawaddah Syafitri; Dian Fitri Ayu; & Anggun Pratiwi
Judul Tulisan: Pocket Book “To Be Safe” Sebagai Upaya Penerapan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Mahasiswa di Lingkungan Kampus

Juara 2: Andi Marjuni, SKM & Faisal, SKM, M.Kes
Judul Tulisan: Peranan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terhadap Upaya Pencapaian Target Cakupan Vaksinasi Covid-19

Juara 3: Rashdin Namruddin & Muhammad Fadli
Judul Tulisan: Loto Untuk Mencegah Kecelakaan Yang Disebabkan Oleh Energi Berbahaya

Brian berharap melalui lomba karya tulis K3 ini akan menumbuhkan minat dan kesadaran dari pelajar, mahasiswa, masyarakat, pekerja serta perusahaan. Ini untuk memiliki kesadaran terhadap budaya kesehatan dan keselamatan kerja.

Juga berdampak pada peningkatan kualitas SDM di Sulsel yang akan membawa kepada perbaikan taraf kesejahteraan. Lalu pertumbuhan ekonomi di Sulsel.

Brian juga memaparkan bahwa untuk mendukung pelaksanaan sistem K3, BPJamsostek selaku penyelenggara program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan khususnya Jaminan Kecelakaan Kerja selama tahun 2020 BPJAMSOSTEK sewilayah Sulawesi dan Maluku telah membayarkan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebanyak 2.679 ribu kasus dengan nominal sebesar Rp43,4 miliar. Untuk di wilayah Sulawesi Selatan sendiri telah dibayarkan klaim JKK sebesar 7,4 miliar dari 397 Kasus.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan ini kami dapat mendapatkan gambaran kondisi K3 di Sulsel, dan juga pada akhirnya akan mendapatkan usulan, saran serta masukan yang konstruktif tentang implementasi K3 di Sulsel,” pungkas Brian. (*)


BACA JUGA