Pemkab Gowa Terima Bantuan Ventilator, Rapid Antigen dan VTM dari BNPB

Rabu, 10 Maret 2021 | 15:53 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Pemerintah Kabupaten Gowa mendapatkan bantuan 2 (dua) unit ventilator, 2.000 tes rapid antigen dan 20.000 tes VTM sorfa dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bantuan tersebut diserahkan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa, Ikhsan Parawansa kepada RSUD Syekh Yusuf dan Dinas Kesehatan untuk digunakan sesuai fungsinya.

Bupati Adnan mengatakan, bantuan ini sangat bermanfaat bagi Gowa khususnya dalam membantu penanganan Covid-19. Apalagi Pemkab Gowa tengah berfokus dalam pengembangan penanganan kesehatan.

“Pemkab Gowa menyampaikan terimakasih kepada BNPB yang telah memberikan bantuan ini dalam mendukung penanganan Covid-19,” katanya saat menyerahkan bantuan ini di Halaman Kantor Bupati Gowa, Rabu (10/3).

Selain itu, Adnan mengaku dirinya akan membangun Infection Centre atau pusat penanganan penyakit infesksi seperti Covid-19, TBC dan penyakit infeksi lainnya bersama dengan laboratorium PCR.

“Ini sangat membantu, apalagi kita memang tahun ini akan membangun infection centre atau khusus infeksi dan laboratorium PCR agar nantinya ketika ada orang Gowa yang terinfeksi tidak adalagi yang dirujuk ke Makassar. Jadi ini tentu mengurangi beban pembangunan karena diberikan bantuan alat ventilator,” jelasnya.

Sementara, Plt Dirut RSUD Syekh Yusuf yang juga Kepala Dinas Kesehatan Gowa, dr H Hasanuddin mengungkapkan ventilator ini akan dipakai di Ruang ICU untuk pasien gagal nafas dan otomatis peralatan RS akan bertambah.

“Alhamdulillah ini menambah peralatan kita dan deangan adanya bantuan ini ventilator kita sudah mencapai angka 10 unit,” ungkapnya.

Sementara rapid antigen dan VTM nantinya akan didistribusikan keseluruh puskesmas di Gowa dan rumah sakit agar ketika terjadi hal mendesak rapid tersebut tersedia dan bisa langsung digunakan. (*)


BACA JUGA