Anggota DPRD Kota Makassar, Nunung Dasniar melaksanakan Sosper Nomor 9 Tahun 2016 tentang Lingkungan Hidup di Hotel Dalton, Jumat (12/03/2021)

Helat Sosper, Nunung Dasniar Ingatkan Pelaku Usaha Kantongi Izin AMDAL

Jumat, 12 Maret 2021 | 23:56 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Anggota DPRD Kota Makassar, Nunung Dasniar melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Lingkungan Hidup. Kegiatan ini digelar di Hotel Dalton, Jumat (12/03/2021).

Nunung mengingatkn pelaku usaha untuk tertib administrasi sebelum mendirikan bangunan usaha khususnya di kawasan Biringkanaya-Tamalarea. Pasalnya, masih ada ditemukan membangun tanpa mengantongi izin Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL).

pt-vale-indonesia

“Siapapun, yang ingin membangun tolong diperhatikan amdalnya. Dampaknya kedepan seperti apa, apakah pembangunan itu tidak berisiko buat warga sekitar. Itu yang harus diperhatikan,” tegas Nunung.

Legislator dari Fraksi Gerindra ini pun memberikan contoh. Seperti pembangunan Toko Alaska yang ternyata membangun tanpa mendapat restu pemerintah. 

Alhasil, DPRD Kota Makassar turun langsung. Kemudian menghentikan pembangunan sembari menunggu izin yang dibutuhkan.

“Semoga dengan adanya Perda ini, bisa membantu menyebarluaskan. Kalau bukan kita yang selamatkan daerah kita, terus siapa lagi?” jelas Nunung.

Terpisah, Narasumber Sosper, Aloq Natsir Desi mengatakan, ada lima unsur yang mesti dipadukan agar mewujudkan perlindungan lingkungan hidup yang baik di Makassar. Ialah masyarakat, pengusaha, media, akademis dan pemerintah.

“Pentingnya partisipasi pentahelix ini. Bahwa lingkungan hidup akan lebih baik jika kelima unsur ini saling bekerjasama melakukan perlindungan lingkungan hidup,” jelas Aloq.

Pasalnya, sambung Aloq, kasus persoalan lingkungan hidup ini termasuk dalam kasus hukum khusus. Di mana, setiap laporan yang masuk ke Aparat Penegak Hukum akan terproses lama.

“Makanya, dibutuhkan sinergitas kelima unsur ini untuk memecahkan masalah ini,” tandasnya.(*)


BACA JUGA