UKetua Komisi D DPRD Makassar, Abdul Wahab Tahir/Int

Bentuk Satgas Covid-19 Sekolah, DPRD Makassar Siap Kucurkan Dana

Senin, 15 Maret 2021 | 17:49 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wacana Pemprov Sulsel untuk menerapkan Satgas Covid-19 di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) disambut baik oleh sejumlah pihak. Sebab, dinilai sangat berpotensi dilakukan di Kota Makassar. 

Salah satunya yang disampaikan Ketua Komisi D DPRD Makassar, Abdul Wahab Tahir. Ia mengaku siap memberi anggaran ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar. 

“Kami siap memberikan legalitas anggaran ke Dinas Pendidikan Kota selama hal ini benar-benar sesuai dengan rujukan penangan Covid-19,” paparnya, Senin (15/03/2021).

“Makanya kita mau lihat dulu nanti rujukannya apa, kalau nanti ini sudah cocok nanti kita berikan legalitas soal penganggaran, kan banyak ruang, ada bisa SK Parsial, jadi silakan selama itu untuk kepentingan, intinya kita tunggu saja rujukan tertulisnya,” sambungnya.

Kendati masih sebatas wacana, namun kata Wahab, sepatutnya perlu dipertimbangkan secara matang. Mengingat, skema belajar secara tatap muka rencananya akan dilakukan Kemendikbud pada bulan Juli nanti.

Selain itu, Wahab menilai ide menerapkan Satgas Covid-19 di tingkat sekolah dapat direalisasikan. Meskipun, setidaknya perlu ada Standar Operasional Prosedur (SOP) semisal Perwali.

Dengan catatan, kata legislator Golkar itu selama penuh dengan standar prosedur Covid-19. Diterapkan dengan ketat dan penuh kehati-hatian.

“Kita berharap dalam waktu yang tidak lama ada rencana dalam bentuk tertulis yang kemudian menjadi rujukan kita bersama, termasuk pembentukan satgas di setiap sekolah-sekolah,” kata Wahab.

Lain halnya dengan Anggota Komisi D DPRD Kota Makassar Yeni Rahman. Ia mengatakan, jika kota benar-benar meniru kebijakan provinsi, pemerintah kota tak perlu buru-buru dengan rencana pembentukan satgas tersebut. 

Upaya tersebut, kata dia, dapat didorong belakangan setelah adanya kejelasan Kota Makassar. Ini terkait aman dan terbebas dari Covid.

Apalagi, belum ada jaminan Makassar bisa mengikuti kehendak pusat. Di mana bisa menggelar sekolah tatap muka Juli mendatang jika kondisi masih seperti sekarang.

“Kalau saya jangan dulu, semestinya offline dulu (pembelajaran), baru kita bisa bicarakan satgas,” singkat Legislator PKS ini.

Diketahui, Pemprov Sulsel telah mengambil kebijakan pembentukan Satgas Covid-19 Sekolah guna mengantisipasi pembelajaran tatap muka Juli mendatang. Selain elemen guru, murid lewat Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) juga akan dilibatkan dalam menekan kasus Covid-19. (*)


BACA JUGA