Hadiri Temu Koordinasi Bidang Kesehatan, Disdik Gowa: Peran UKS Sangat Dibutuhkan

Selasa, 16 Maret 2021 | 16:48 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM— Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan hal yang penting dalam sekolah terutama di masa pandemi Covid-19.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Rieke Susanti saat menghadiri kegiatan Temu Koordinasi Bidang Kesehatan tentang peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dalam Meningkatkan Kesehatan di Sekolah Tingkat Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Selasa (16/3/2021)

pt-vale-indonesia

“Kenapa UKS ini penting karena UKS ini adalah tempat untuk memberikan pertolongan pertama bagi anak-anak kita di sekolah dan siapa saja apa bila ada yang merasa tidak sehat,” ucapnya.

Apalagi kata Rieke, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI merencanakan akan membuka kembali sekolah tatap muka pada Juli mendatang, sehingga menurutnya peran UKS ini akan sangat dibutuhkan. Sehingga dirinya juga berharap setiap sekolah membentuk gugus tugas untuk melakukan pengawasan Protokol Kesehatan di lingkungan sekolah.

Senada, Guru SMP Citra Samata, Muh Tahmid juga menyambut baik Tamu Koordinasi ini, terutama dalam pembuatan gugus tugas dan memaksimalkan peran UKS di Sekolah. Dirinya berharap ini dapat melindungi para siswa ketika sekolah tatap muka mulai dibuka.

“Karena dengan adanya gugus tugas Covid-19 di sekolah sangat membantu untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di sekolah, bahkan kami berharap tidak penyebaran Covid-19,” harapnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Ratnawati mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan taraf kesehatan peserta didik yang ada di sekolah terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kita harus semua tetap waspada, olehnya itu, kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah harus terus tetap berjalan agar anak didik kita mengetahui pentingnya perilaku hidup sehat terutama di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Ratna.

Ia berharap sekolah yang ada di Kabupaten Gowa tetap mengoptimalkan peran UKS dan menghadirkan program-program yang bisa membuat peserta didik memiliki pengetahuan prinsip hidup sehat dan berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kesehatan lingkungan sekolah, rumah tangga maupun di lingkungan keluarga.

“Kami berharap agar semua sekolah di semua tingkatan dapat memiliki UKS masing-masing agar peserta didik kita memiliki ketrampilan hidup sehat,” harapnya.(*)


BACA JUGA