FOTO: Bangunan multifungsi di sepanjang Pantai Sumpang Binangae, Kabupaten Barru. selain jadi penahan ombak juga sebagai spot foto dan spot mancing/Senin, 15 Maret 2021/Ist
#

Intip Bangunan Multifungsi di Barru, Mitigasi Bencana Jadi Spot Wisata dan Mancing

Selasa, 16 Maret 2021 | 09:55 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Dulu wilayah ini sering terdampak ombak besar. Tepatnya di Sumpang Binangae, Kabupaten Barru. Olehnya di masa kepemimpinan Bupati Suardi Saleh membagun pagar beton sebagai tanggul dan pemecah obak.

Kini sepanjang pantai di Sumpang Binangae telah terlindungi oleh pagar beton yang kokoh. Kawasan yang telah bertahun-tahun menjadi kota lama Kabupaten Barru itu, baru tersentuh oleh bangunan multi fungsi, dalam bentuk anjungan.

Namun tak hanya sebagai mitigasi bencana, Anjungan Pantai Sumpang Binangae di Barru juga mulai menarik perhatian para pelancong. Mereka, tak sedikit yang membawa serta alat pancing atau sekedar berfoto ria.

Arif Pabiseang, salah seorang warga Tanete Riaja, yang membawa serta rekan kerabatnya, bahkan tak segan keindahan dan daya tarik Publik Space ini, Selasa pagi (16/3/2021).

“Ayo ke (Anjungan) Pasumbi Beach, Pantai Sumpang Binangae, uniknya memancing sambil melihat langsung ikan sasaran,” sebut Arif Pabiseang sembari membuat tagline #SpotMancing.

Influencer Barru di Medsos Facebook ini, nampak bahagia menyaksikan aktivitas nelayan Barru, termasuk para pemancing dengan beberapa tangkapan yang juga ia posting di akun Facebook pribadinya.

Berdasarkan pantauan, Anjungan Pantai Sumpang Binangae semakin ramai menarik minat, daya tarik pengunjung. Landmark baru buah fikir Bupati Suardi Saleh ini, berhasil membahagiakan Masyarakat sekitar, yang dibuktikan dengan banyaknya bangunan masyarakat yang mulai menyesuaikan dengan keindahan Anjungan yang memang diberi warna ceria dan beraneka.

Beberapa bangunan yang sebelumnya tampak kusam dan hanya berfungsi sebagai hunian, kini telah direnovasi oleh empunya. Pemilik rumah disekitaran Anjungan Pantai Sumpang Binangae, perlahan menata dan mempercantik bangunannya disertai dengan pertumbuhan aktivitas ekonomi untuk menyediakan pelayanan bagi pengunjung yang bertamasya di sana.

Teringat setahun silam, kala pemasangan tiang pancang dimulai oleh Bupati Barru, Suardi Saleh memulainya dengan doa dan harapan.

“Bismillahirrahmanirrahim, Dengan Semangat Yassiberrui, Mohon Doa Kita Semua,” sebut Bupati Suardi Saleh setahun yang lalu.

Walhasil, Selasa 9 Maret 2020, kemarin bertepatan dengan Hari Jadi Barru ke-61, Petinggi Sulsel, Plt Gubernur Sudirman Sulaeman bersama Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdysam, hadir di Anjungan kebanggaan Barru ini.

Kini, Anjungan ini memenuhi fungsinya dan memberi lebih dari sekedar fungsi mitigasi bencana.(*)


BACA JUGA