Sekolah Dasar Negeri (SDN) Unggulan Bontomanai mendapat kunjungan supervisor Kemendikbud. Sabtu (20/3/2021)

Dikunjungi Supervisor Kemendikbud, SDN Unggulan Bontomanai Siap Belajar Tatap Muka

Sabtu, 20 Maret 2021 | 19:51 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Sekolah Dasar Negeri (SDN) Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa menjadi salah satu sekolah yang mendapat kunjungan tim supervisor Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala Sekolah SDN Unggulan Bontomanai, Dahlia S.Pd mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah melakukan persiapan dalam rangka menyambut semester genap Tahun Akademik 2020/2021 yang pembelajarannya akan dilaksanakan secara tatap muka.

“Adapun persiapan yang kami lakukan itu pertama adalah melengkapi sarana protokol kesehatan yang dibutuhkan oleh warga belajar. Seperti pembentukan satgas Covid-19, fasilitas cuci tangan beserta sabun, hand sanitizer, dan juga pengaturan tempat duduk siswa,” jelas Dahlia di SDN Unggulan Bontomanai. Sabtu (20/3/2021)

Satuan Tugas Covid-19, kata dia, memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran tatap muka di masa pandemi ini. Tugasnya adalah mengontrol suhu tubuh siswa dan guru, menyemprotkan handsanitizer ketika masuk sekolah, memeriksa kelengkapan masker, dan mengontrol jarak duduk dalam kelas.

Selan itu, Satgas Covid-19 juga bertugas mengatur protokol kesehatan bagi orang tua murid yang datang mengantar atau menjemput siswa di sekolah, serta menjaga kebersihan sarana dan prasarana protokol kesehatan.

“Satgas covid sementara mau dibentuk. Timnya itu kita ambil dari guru dan tenaga kependidikan yaitu Satpol dan Penjaga Sekolah,” terangnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Kecamatan Bontomarannu Jumiati S.Pd. M.Pd mengatakan bahwa hampir seluruh sekolah binaan yang dibawahinya sudah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Ini sudah lama ditunggu-tunggu dan kami sudah merindukan kegiatan tatap muka. Alhamdulillah dengan adanya instruksi bapak Menteri bahwa di bulan juli sudah bisa tatap muka, kami mengimbau seluruh sekolah di kecamatan Bontomarannu ini untuk mempersiapkan diri,” ujarnya.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gowa telah memilih empat sekolah baik negeri maupun swasta untuk mengetahui sejauh mana kesiapan sekolah dalam pembelajaran tatap muka yang rencananya akan dilaksanakan di bulan Juli 2021 mendatang.

“Ada empat sekolah yang kami pilih untuk dilakukan supervisi oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kemendikbud, di mana ada dua sekolah negeri dan dua sekolah swasta, yaitu SDIT Al Fityan, SDIT Al Fadiyah, SDN Bontokamase dan SDN Unggulan Bontomanai,” jelas Kepala Bidang Sekolah Dasar Disdik Gowa Dr Ulfa Tenri Batari.(*)


BACA JUGA