Pertalite seharga Premium berlaku di Makassar hari ini, Minggu (21/03/2021)

Buruan, Pertalite Seharga Premium Berlaku di Makassar Hari Ini

Minggu, 21 Maret 2021 | 12:20 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pertamina menghadirkan Program Langit Biru di Makassar dengan menghadirkan promo BBM jenis Pertalite dengan harga setara Premium di beberapa SPBU. Melalui program promosi ini, Pertamina mengajak masyarakat beralih ke bahan bakar yang lebih berkualitas setara Pertalite RON 90.

Tujuannya, menekan polusi udara akibat tingginya emisi gas buang karena penggunaan bahan bakar ber-oktan rendah setara Premium. Ini sesuai Peraturan Menteri LHK Nomor 20 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

pt-vale-indonesia

Seperti diketahui, BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Bahkan, pabrikan kendaraan sudah mensyaratkan mobil-mobil keluaran 2000-an menggunakan BBM minimal sekelas Pertalite.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan program langit biru ini merupakan program edukasi dan promosi sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara dan Permen KLHK No. 20 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang.

Upaya mengurangi pencemaran udara, dapat dilakukan di sektor transportasi melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor. Salah satunya dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan.

Laode menambahkan BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM. Sebab, pembakaran di ruang mesin lebih sempurna.

Olehnya juga, ia menjelaskan, Pertamina terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas. Yakni dengan menyediakan produk Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98.

Di Makassar, program ini dimulai 21 Maret 2021 dengan memberikan harga khusus pembelian Pertalite seharga Premium yakni Rp 6.450,- per liter lebih hemat Rp 1.400,- dari harga normal dan dilaksanakan secara bertahap bagi konsumen tertentu. Diantaranya, kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, mobil ber plat kuning seperti angkutan umum kota (angkot/pete-pete) dan taksi.

“Program ini kami laksanakan secara bertahap. Kami juga sudah laporkan ke Gubernur Sulsel dan Wali Kota Makassar dan beliau berdua mendukung untuk mendorong konsumsi Bahan Bakar Ramah Lingkungan sekelas minimal Pertalite oleh masyarakat menyusul kota-kota besar lainnya di Sulawesi dan Indonesia.

Dengan harga khusus, Pertamina mengajak pengendara tersebut mendapatkan pengalaman baru dengan menggunakan BBM berkualitas agar mesin kendaraannya lebih awet dan bertenaga. Pertalite harga khusus ini hanya diberlakukan di beberapa SPBU.

“Di Jawa Madura Bali Manado, Gorontalo dan Kendari masing-masing kota kabupaten tinggal 2-3 SPBU yang menyediakan Premium,” jelasnya.

Spesifikasi Kendaraan keluaran tahun 2000-an juga sudah menuntut menggunakan BBM berkualitas. Saatnya masyarakat Makassar beralih menggunakan bahan bakar berkualitas agar udara lebih bersih dan sehat juga,” tutup Laode. (*)

Tags:

BACA JUGA