FOTO: Kunjungan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Sulawesi Selatan yang diterima langsung oleh Bupati Barru Suardi Saleh/Senin, 22 Maret 2021/Ist
#

Ajak Kolaborasi Pemkab, BPNB Sulsel Gagas Event Budaya Daerah Dimulai Dari Barru 

Selasa, 23 Maret 2021 | 09:45 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BARRU, GOSULSEL.COM – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Sulawesi Selatan, Direktorat Jenderal Kebudayaan melakukan pertemuan dengan Bupati Barru, Suardi Saleh di ruang kerjanya, pada Senin (22/3/2021).

Kunjungan ini merupakan rangkaian BPNB Sulsel dalam menjajaki kerjasama dengan pemerintah daerah untuk melaksanakan festival daerah.

Di hadapan Bupati Barru, Kepala BPNB Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Syamsurijal mengatakan, kunjungannya ke Kabupaten Barru untuk mengajak pemerintah Kabupaten Barru bekerjasama setiap ada event budaya daerah. Dimana melaksanakan event daerah dirangkaikan dengan event GAU MARAJA Festival 2021 yang digagas BPNB Sulsel.

“Gau Maraja ini merupakan Event atau festival yang dipersiapkan BPNB untuk bekerjasama dalam kegiatan budaya daerah, Acara dikemas beberapa hari dengan melibatkan beberapa kegiatan yang disajikan dalam festival Objek Kemajuan Kebudayaan (OPK),” kata Andi Syamsurijal.

Dia menjelaskan awal pengembangan GAU MARAJA Festival 2021 akan dimulai dari Barru. Dengan mengusung tema jalur rempah, komoditi dan jaringan perdagangan.

“Dibulan Oktober, kalau bisa digabungkan dengan Festival to Berru,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Barru Suradi Saleh merespon baik kedatangan rombongan BPNB Sulsel. Menurutnya denganterselenggaranya kegiatan tersebut dapat mengangkat budaya Barru.

“Atas nama Pemerintah menyambut baik hal ini. Di Barru seperti dalam kegiatan Festival Budaya katakanlah Festival To Berru, didalamnya ada Sere Api, namun belum optimal karena belum memunculkan nilai dan estetika seninya, kalau perlu lebih menggaunglah,” ungkapnya.

Lebih anjut Suardi Saleh menjelaskan, saat ini kegiatan -kegiatan masih dibatasi, karena belum berakhirnya kondisi Pandemi Covid 19.

“Kita senantiasa memohon doanya agar Covid-19 bisa hilang dan nantinya event budaya kita seperti Festival To Berru bisa terlaksana,” ungkapnya.

Untuk diketahui, hadir mendampingi Kepala BPNB Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Syamsurijal diantaranya, PDK BPNB Sulsel Irwan Sahabuddin ,Pamong Budaya BPNB Sulsel Muhammad Aulia Rahmat, Dokumentasi BPNB Sulsel Asri Maulana, serta Andi Agussalim Penggiat Budaya Dirjen Kementerian Kebudayaan.

Mereka disambut langsung oleh Bupati Barru Suardi Saleh, yang didsampingi  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barru Andi Adnan Azis bersama Sekretaris Dinas Pendidikan Drs Mas’ud, Pembina Sanggar Seni Bolong Ringgi Nasdir.(*)