Hari Air Sedunia, Bupati Adnan Lakukan Penanaman Pohon

Selasa, 23 Maret 2021 | 11:29 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM-Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melakukan penanaman pohon dalam rangka Peringatan Hari Air Sedunia ke XXI Tahun 2021. Penanaman berlangsung di Arboretum II Bendungan Bili-bili Kecamatan Parangloe, Senin (22/3/2021).

Menurut Bupati Adnan, penanaman pohon ini penting dilakukan sebagai upaya menjaga kelestarian dan ketersediaan air di wilayah Kabupaten Gowa. Apalagi bencana alam yakni banjir ataupun longsor salah satunya disebabkan hutan yang mulai gundul.

“Kita berharap apa yang ditanam hari ini bisa terpelihara dan terjaga. Menanam pohon hari ini wujud kepedulian bagi anak dan cucu kita dimasa akan datang,” katanya.

Beragam pohon ditanam di antaranya jenis durian, mangga Thailand, rambutan, sukun, nangka mini, kurma ajwa dan jambu kristal merah. Pohon ini merupakan tanaman yang bernilai ekonomis sehingga diharapkan memiliki manfaat lebih bagi masyarakat.

“Pohon yang saya tanam dan pohon-pohon lainnya selain bermanfaat untuk konservasi alam sekaligus diharapkan memiki nilai ekonomis bagi masyarakat sekitar lokasi ini,” ujarnya.

Sementara, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWS-PJ), Adenan Rasyid menyebutkan, pohon yang ditanam saat ini sebanyak 160 pohon dari jumlah keseluruhan 1.160 yang akan ditanam dalam memperingati kegiatan ini oleh Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang.

“Pohon durian yang ditanam oleh Bupati Gowa bersama Forkopimda dan beberapa eleman masyarakat merupakan satu dari 160 pohon yang direncanakan untuk ditanam hari ini ,” katanya.

Selain melakukan penanaman pohon, Peringatan Hari Air Sedunia ke 29 tahun 2021 sekaligus dilaksanakan nonton bersama peringatan secara nasional yang dipusatkan di Bendungan Sindangheula Serang Banten. (*)


BACA JUGA