Proyek Makassar New Port (MNP)

Pelindo IV Bakal Gandeng Mitra Strategis untuk Pengelolaan Pelabuhan di MNP

Jumat, 26 Maret 2021 | 18:56 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) berencana mengundang mitra. Pihaknya ingin mengajak bekerjasama dalam pengelolaan bongkar muat peti kemas di Makassar New Port (MNP). 

Hal itu diungkapkan Direktur Teknik PT Pelindo IV, Prakosa Hadi Takariyanto. Ia saat mendampingi pimpinan dan Anggota Komite II DPD RI melakukan kunjungan kerja ke MNP, beberapa waktu lalu. 

“Saat ini kami sedang mengebut pembangunan MNP. Seiring dengan itu, pengadaan alat juga mesti dipercepat agar operasional pelabuhan bisa maksimal,” katanya. 

Ia menyebutkan bahwa hingga 18 Maret 2021, progres fisik MNP sudah mencapai 66,77%. “Dengan kegiatan yang sedang dilakukan saat ini yaitu secant pile dan pengecoran beton in-situ,” jelas Prakosa. 

Prakosa juga menuturkan, tahun ini pihaknya juga sudah menyelesaikan reklamasi MNP seluas 56,8 hektare.(Ha). “Harapannya pelabuhan ini dapat beroperasi penuh pada awal 2023,” harapnya.

Tahun ini, tambah dia, progress dermaga salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini juga sudah memiliki panjang 362 meter dan sudah melayani 680 call kapal. Rencananya, pada 2023 dermaga MNP akan memiliki panjang 1.642 meter. 

“Sejak beroperasi pada 2 November 2018, MNP sudah melayani sebanyak 267.300 TEUs peti kemas di atas lahan penumpukan seluas 16 ha. Ditargetkan pada 2023, luas lapangan penumpukan peti kemas MNP menjadi 56 ha,” beber Prakosa. 

Saat ini, lanjut Prakosa, pihaknya baru mengoperasikan MNP Tahap I A. Jika Tahap I B dan I C rampung, maka pelabuhan yang akan dilengkapi dengan peralatan modern ini mampu melayani kegiatan bongkar muat kontainer hingga 2,6 juta TEUs per tahun.  

Pelindo IV juga telah bekerja sama dengan Kementerian PUPR dalam pembangunan Jalan Tol menuju MNP. Agar pelayanan arus keluar masuk peti kemas dari dan ke pelabuhan lancar. 

“Rencana pembangunan jalan tol akan dimulai bulan Juni 2021 dan diharapkan selesai pada akhir 2022,” sambungnya. 

Proyek MNP ini ditargetkan selesai pada tahun 2023. Jika rampung, seluruh kegiatan bongkar muat kontainer yang berada di Terminal Petikemas Makassar (MNP) akan dipindahkan ke pelabuhan baru.(*)


BACA JUGA