Wakil Ketua DPRD Gowa Andi Tenri Indah saat menghadiri rapat dengar pendapat. Senin (29/3/2021)

DPRD Gowa Gelar RDP, Andi Tenri Indah Minta Aspirasi Masyarakat Diperjuangkan

Selasa, 30 Maret 2021 | 10:46 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM—Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait masyarakat Desa Manjalling menolak Pemilihan Anggota BPD Desa Manjalling dipilih ketua RT/RW dari masing-masing dusun. Pertemuan yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Muslimin Mile tersebut diadakan di Ruang Rapat AKD. Senin (29/3/2021)

Tokoh Masyarakat, Amirullah menyampaikan bahwa pihaknya merasa keberatan dengan proses pemilihan anggota BPD yang dipilih oleh ketua RT/RW. Sebab menurutnya, masyarakat berhak memilih dan ikut terlibat dalam proses demokrasi.

“Kami menginginkan proses pemilihan ini lebih demokratis. Berdasarkan permendagri nomor 110 tahun 2016 yang menjadi acuan, sangat jelas disebutkan bahwa masyarakat punya hak untuk memilih anggota BPD,” jelasnya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengajukan dua opsi sebagai solusi terkait masalah tersebut. Pertama, pihaknya menginginkan pemilihan dilakukan satu rumah/Kepala Keluarga satu suara. Kedua, agar pendaftaran calon BPD diperpanjang sebab sebelumnya hanya dibuka selama tiga hari.

“Kami sudah mendiskusikan masalah ini dengan masyarakat Desa Manjalling dan semuanya sepakat untuk memilih satu rumah/KK satu suara. Kami juga meminta agar panitia memperpanjang pendaftaran karena masih banyak orang orang yang potensial tidak masuk karena tidak setuju dengan pemilihan RT/RW,” terangnya.

Wakil Ketua DPRD Gowa, Andi Tenri Indah yang turut menghadiri rapat tersebut mengatakan bahwa masalah yang disampaikan oleh pembawa aspirasi menjadi tugas dewan untuk sama-sama dicarikan solusinya. Untuk itu, ia berharap agar proses pemilihan dapat berjalan sesuai yang diharapkan oleh masyarakat Desa Manjalling,

“Kita ini sebagai pemerintah hadir untuk menjadi pelayan masyarakat. jadi mungkin diberikan kesempatan pemilihan per KK saja biar mereka sebagai masyarakat puas dengan memilih calon BPD-nya,” ujarnya.(*)

Tags:

BACA JUGA