Direktur PPs IBK Nitro, Rosnaini Dago.

Cerita Rosnaini Daga Rawat Tanaman Hias dan Pelihara Hewan, Rumah Kini Bak Taman

Rabu, 31 Maret 2021 | 14:05 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Berawal dari adanya pandemi Covid-19, Rosnaini Daga kini tak melulu fokus mengajar. Ada hobi yang rutin dilakukannya setiap hari selama di rumah.

Ialah merawat tanaman hias dan memelihara berbagai jenis hewan. Di rumahnya seperti taman. Dari teras hingga dalam rumahnya bisa dijumpai berbagai jenis tanaman hias, mulai dari yang murah hingga termahal.

Wanita yang kini menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana (PPs) IBK Nitro ini mengaku sudah lama menggeluti hobi tersebut. Hanya saja mulai rutin dilakukan saat pandemi Covid-19 melanda.

“Kan waktu lebih banyak di rumah. Tapi hobi sih jadi punya banyak peliharaan. Kucing juga, burung, ikan, dan tanaman,” ujar Rosnaini, Rabu (31/03/2021).

Layaknya seorang anak, wanita asal Pinrang ini merawat tanaman hias dan memelihara hewannya dengan sepenuh hati. Bagi dia, menyalurkan hobi juga merupakan hal yang baik untuk melepas penat.

Sebagai nahkoda di PPs IBK Nitro sekaligus tenaga pengajar, kesibukan selalu saja menghampiri. Ia pun tak mempersoalkan itu. Sebab, dikatakannya, jika sudah hobi, keduanya harus jalan beriringan.

“Tiap sudah salat Subuh dan kalau sudah pulang kerja, saya selalu perhatikan. Intinya semua tidak pernah dilewatkan,” sambung Bendahara Masika Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sulsel ini.

Hobinya ini ternyata diketahui oleh hampir seluruh mahasiswanya. Setiap pekan, mereka datang berkunjung hanya untuk melihat koleksi tanaman milik Rosnaini. Ia mengaku senang.

“Banyak yang kesini, biasanya datang konsultasi sambil lihat tanaman saya. Ada juga yang sekadar bertamu untuk melihat koleksi disini,” tutup Rosnaini.

Ia kemudian berpesan agar hobi harus disalurkan. Sempatkan waktu untuk menyalurkannya. Bukan justru mengisinya dengan terus bekerja. Sebab, melalui hobi, kesehatan mental pun juga terjaga. (*)

Rosnaini Daga saat mengajar (Foto diambil sebelum pandemi Covid-19)

Rosnaini Daga dan koleksi tanaman hiasnya.

Rosnaini Dago dan koleksi tanaman hiasnya.


IMG_4957
Rosnaini Dago saat mengajar (Foto diambil sebelum pandemi Covid-19)
IMG_4955
Rosnaini Dago dan koleksi tanaman hiasnya.
IMG_4956
Rosnaini Dago dan koleksi tanaman hiasnya.