Sekretaris DPD II Golkar Makassar, Wahab Tahir

Rencana Buka Sekolah Tatap Muka, Dewan Dorong Pemkot Lakukan Simulasi

Senin, 05 April 2021 | 19:20 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mulai bersiap membuka sekolah tatap muka. Sebanyak 5.000 tenaga pendidik sudah disuntik vaksin.

Ketua Komisi D DPRD Makassar, Wahab Tahir mendorong Pemkot Makassar melakukan uji coba sekolah tatap muka di wilayah kepulauan. Sebab jika ada yang terpapar, bisa segera ditangani dengan cepat.

“Saya berharap uji coba itu di pulau, sehingga kalau ada apa-apa kita bisa cepat lakukan isolasi,” kata Wahab, Senin (5/4/2021).

Pertimbangan lain, lanjut Wahab, perlu ada uji coba Standard Operasional Prosedur (SOP) sekolah tatap muka di tengah pandemi. Sehingga menurut dia, Pulau Sangkarrang paling tepat untuk dilakukan simulasi.

Apalagi, kata dia, Pulau Sangkarrang sudah masuk wilayah zona hijau. Antusias guru di pulau termasuk siswa juga cukup tinggi untuk menjalankan sekolah tatap muka.

“Sangkarrang itu mereka paling siap sekolah offline. Karena sampai hari ini, Sangkkarang sudah masuk wilayah yang hijau,” ujar dia.

Legislator Golkar itu menambahkan proses percontohan rencananya akan digelar pada April ini. Lokasi yang dipilih bahkan dinilai sudah tepat.

Beberapa pertimbangan selain guru telah melakukan proses vaksinasi Covid-19, adalah skema belajar dinilai telah matang untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kan ada SOP sekolah offline, kita bisa uji coba di pulau. Paling tidak, uji cobanya disitu,” papar dia.

Disisi lain, Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar, Fatma Wahyudin menekankan protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat.

Dia pun mendukung Pemkot Makassar melaksanakan sekolah tatap muka dalam waktu dekat ini. Skemannya perpaduan online dan offline.

“Yang terpenting kalau sekolah ingin melaksanakan belajar tatap muka wajib menerapkan protokol kesehatan,” ujar dia.(*)


BACA JUGA