Kadisdik Gowa Hadiri Pendidikan Wawasan Kebangsaan di SMA Islam Athirah

Kamis, 08 April 2021 | 12:47 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Gowa Dr Salam menghadiri kegiatan workshop Pendidikan Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan SMA Islam Athirah Bukit Baruga Antang di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (7/4/2021)

Kegiatan ini mengundang Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan sebagai narasumber dalam Implikasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan Terhadap Ketahanan Siswa untuk Generasi 2045.

Dr Salam mengapresiasi kegiatan tersebut sebab saat ini pendidikan wawasan kebangsaan memang sangat dibutuhkan. Olehnya itu, mulai dari sekarang generasi muda harus lebih maju dan memiliki wawasan yang luas agar bisa membangun bangsanya.

Sementara itu, Bupati Adnan mengatakan, agar menjadi negara maju di masa yang akan datang, salah satu yang perlu persiapkan katan adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Ia menilai bahwa kemajuan suatu daerah atau bangsa bukan ditentukan oleh Sumber Daya Alam (SDA) nya, tetapi juga ditentukan oleh SDMnya.

“Siapa yang membangun sumber daya manusianya yakin dan percaya dia akan menjadi negara yang berkembang dan maju seperti yang kita cita-citakan bersama,” ungkap Adnan yang juga alumni Sekolah Islam Athirah Makassar.

Apalagi kata Ketua PMI Sulsel ini Indonesia merupakan salah satu negara yang akan mendapatkan bonus demografi atau generasi emas. Dimana bonus demografi ini adalah penduduk usia muda atau produktif lebih besar dibandingkan dengan usia tidak produktif.

Bonus demografi ini diprediksi akan terjadi pada 2045 dan Indonesia akan diprediksi menjadi negara keempat di dunia dengan ekonomi terkuat. Olehnya itu, Adnan berharap ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan menyiapkan SDM yang unggul.

“Kalau SDM kita baik maka dia akan menjadi negara-negara hebat seperti negara-negara yang pernah mendapatkan bonus demografi, contohnya Jepang yang mampu menciptakan produk-produk unggulan seperti Mitsubishi,” tandasnya.(*)


BACA JUGA