Tim Verifikasi Lapangan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Puji Inovasi Sahabat LAPOR Gowa

Jumat, 09 April 2021 | 15:25 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Inovasi Sahabat Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Gowa mendapatkan apresiasi dari Tim Verifikasi Lapangan dalam rangka Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021.

Hal ini diutarakan langsung Tim Verifikasi Lapangan, Sumarni saat melakukan verifikasi lapangan di Kabupaten Gowa dan diterima langsung oleh Asisten Administrasi Umum Pemkab Gowa, Firman Djamaluddin didampingi Kepala Organisasi Setkab Gowa, Sujaddan di Ruang Rapat Wakil Bupati Gowa, Kamis (8/4/2021).

Ia mengatakan bahwa tujuannya melakukan kunjungan untuk melakukan verifikasi atas inovasi pelayanan publik dalam hal ini inovasi Sahabat LAPOR yang telah dibentuk Pemkab Gowa dan tersebar di 18 kecamatan.

“Sejauh ini kami melihat Sahabat LAPOR Gowa sudah bekerja dengan baik untuk menyerap aspirasi masyarakat Kabupaten Gowa. Menurutnya peran Sahabat LAPOR sangat penting sebagai penghubung aspirasi masyarakat dengan pemerintah daerah,” kata Sumarni yang hadir didampingi Kepala Bagian Pelayanan Publik Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Nur Kalbi

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Gowa, Firman Djamaluddin saat membuka kegiatan ini mengatakan kehadiran inovasi Sahabat LAPOR ini sebagai upaya meningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi melalui daring atau secara online.

“Pelaksanaan inovasi Sahabat LAPOR di Kabupaten Gowa menunjukkan adanya kolaborasi antara pihak pemerintah daerah dan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat,” kata Firman Djamaluddin.

Lanjutnya, inovasi ini sagat berkontribusi kepada pemerintah daerah dan bermanfaat bagi masyarakat dalam hal pengaduan. Sahabat LAPOR ini mewakili pemerintah daerah dan masyarakat di wilayah kecamatan sebagai fasilitator dalam penyampaian informasi dan aspirasi.

“Tim ini juga bertugas sebagai pemantau apaila terdapat persoalan-persoalan layanan pemerintahan di Kecamatan, sehingga tim ini dapat membantu pemerintah mengetahui permasalahan di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Firman menyebutkan pemerintah Kabupaten Gowa terus berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan membangun Mall Pelayanan publik dan Pos Pelayanan Publik.

Hal ini agar layanan administrasi perintah akan lebih mudah, dekat dan lebih terjangkau oleh masyarakat dangan kondisi Kabupaten Gowa yang sangat luas, yaitu dataran rendah dan dataran tinggi.

“Pemkab Gowa berharap dalam kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan semangat bagi kita untuk senantiasa menciptakan inovasi-inobasi baru sehingga Kabupaten Gowa sebagai Kabupaten terinovasi di Sulawesi Selatan,” harapnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pemaparan inovasi Sahabat LAPOR oleh Kasubag Ketatalaksanaan dan Pelayanan Publik Bagian Organisasi Setkab Gowa, Indra Said selaku Tim Pengelola Sistem Pengaduan Pengelolaan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR) Kabupaten Gowa dihadapan Tim Verifikasi Lapangan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021.(*)


BACA JUGA