Pemandangan sapi ternak masih memakan sampah yang berada di TPA Tamangaapa, Jumat (02/04/2021).

Berbahaya, Sapi di Makassar Masih Doyan Makan Sampah

Minggu, 11 April 2021 | 19:08 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Keberadaan sapi potong yang memakan sampah rupanya masih marak. Persoalan ini bisa dijumpai di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa. Begitu juga di kecamatan lain.

Alih-alih memakan rumput, peternak justru menggembalakan mereka ke TPA dan memakan sampah. Dan hal ini pun menuai kritik.

Sepeti yang disampaikan Pakar Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), Baso Yusuf. Ia menyebut bahwa sapi potong pemakan sampah, dagingnya akan mengandung mikroplastik.

Dampaknya mengakibatkan terkontaminasinya virus dan penyakit. Juga menimbunnya timbal pada daging sapi tersebut jika terus menerus diberikan makanan berupa sampah.

“Dalam jangka panjang, sapi juga bisa mati,” ungkap Yusuf saat dihubungi, Minggu (11/04/2021).

Sapi potong ini, dikatakannya, akan berdampak bahaya bagi kesehatan manusia. Daging yang dikonsumsi bisa menjadi media penularan virus dan penyakit pada mereka.

“Apalagi kalau sering dimakan. Kita sebagai konsumen juga harus berhati-hati,” kata Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas).

Ia menyarankan kepada pemerintah khususnya Pemkot agar menyiapkan fasilitas ternak sapi. Dan mengakomodir seluruh jumlah sapi potong yang ada di Makassar.

“Saya rasa perlu di advokasi ke pemerintah. Karena yang terjadi di Makassar, setahu saya belum ada tempat khususnya. Kalaupun sudah ada, tidak sebanding dengan populasi sapi,” tukasnya. (*)


BACA JUGA