Rektor UNM, Husain saat Konferensi Pers UTBK SBMPTN di Lantai 17 Menara Pinisi UNM, Senin (12/04/2021)

UTBK SBMPTN UNM, Rektor Pastikan Berjalan Lancar dan Aman dari Covid-19

Senin, 12 April 2021 | 23:00 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Negeri Makassar (UNM) akhirnya digelar, Senin (12/04/2021). Rektor, Husain Syam pun memastikan prosesnya berjalan aman dan lancar.

Hal tersebut disampaikan Husain saat Konferensi Pers di Lantai 17 Menara Pinisi UNM. Sebelumnya, ia bersama jajaran pimpinan dan panitia pelaksana UTBK melakukan pemantauan yang berlangsung di sejumlah titik lokasi tes.

Diketahui, pelaksanaan UTBK digelar tatap muka di tengah pandemi Covid-19. Panitia telah membuat prosedur dan ketentuan dengan protokol kesehatan (Prokes). Sebagaimana mengacu pada kebijakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dalam mencega terjadinya penyebaran Covid-19.

Diungkapkan Husain, pihaknya telah mempersiapkan jalannya pelaksanaan UTBK sesuai dengan standar kesehatan. Sehingga, pada hari ini, ia melakukan pemantauan ke sejumlah lokasi UTBK di UNM untuk memastikan pelaksanaan berjalan dengan baik.

“UNM adalah kampus yang siap dengan apapun itu dijadikan petunjuk, mau berbasis komputer kita siap, mau secara offline juga kita telah siap,” ujarnya.

Selain itu, Guru Besar Teknologi Pertanian ini juga menyampaikan peserta SBMPTN melalui jalur UTBK tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal itu menunjukkan UNM semakin dipercaya dalam mengelola pendidikan untuk generasi ke depan.

“Jadi ini merupakan suatu kebanggaan kita di UNM karena peserta UTBK tahun ini meningkat. Proses UTBK ini sebagai bagian tanggungjawab kita dan kami pastikan berjalan dengan baik, lancar dan aman,” sambung Mantan Dekan Fakultas Teknik (FT) UNM ini.

Sehingga, Husain mengimbau seluruh peserta UTBK yang berkompetisi tidak perlu lagi pesimis dalam mengikuti proses seleksi. Pasalnya, UNM telah menyiapkan fasilitas khusus yang nyaman dan memadai.

“Untuk lokasi ujiannya itu tersebar di 13 titik pusat UTBK 712 UNM, 5 lokasi diantaranya ada di mitra kita. Ruang ujian yang kita siapkan juga ada 48. Kami telah siapkan juga 1.014 PC atau komputer,” jelas Husain.

Adapun peserta pendaftar UTBK SBMPTN UNM tahun ini sebanyak 15.886 orang yang terdiri dari 3 kelompok. Yakni kelompok Saintek 5.768 peserta, Soshum 7.585, dan Campuran 2.533 orang.(*)


BACA JUGA