Kantor Bapenda Kota Makassar/Int

Dewan Rakyat Anti Korupsi Puji Kinerja Bapenda Makassar

Jumat, 16 April 2021 | 14:31 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Lembaga Strategi Promosi Dewan Rakyat Antikorupsi (Lespiderak) mengapresiasi kinerja salah satu SKPD Pemkot Makassar. Yakni Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar.

Pasalnya, pendapatan daerah terus meningkat. Tren tersebut berlangsung di masa kepemimpinan, Kepala Bapenda Kota Makassar, Irwan R Adnan.

Keputusan tersebut diambil setelah adanya rapat internal Dewan Lespiderak per 17 Maret lalu. Direktur Eksekutif Dewan Anti Korupsi, Zulkifli mengungkapkan, peningkatan pendapatan daerah tersebut perlu apresiasi dan dicontoh oleh SKPD lain.

“Pendapatan daerah ini perlu mendapat apresiasi, dan harus menjadi contoh untuk SKPD yang lain. Utamanya SKPD yang bisa menghasilkan keuangan daerah,” katanya, Jumat (16/04/2021).

Selain itu, sikap Kepala Bapenda Kota Makassar yang senantiasa melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menjadi kriteria utama. Melihat bagaimana akuntabilitas dan transparansi dikedepankan.

“Dengan selalu melibatkan KPK dalam setiap pemasukannya dalam bulan per bulan sampai tahunan. Hal inilah yang menjadi kriteria dalam pemberian sertifikat penghargaan,” lanjut Zulkifli.

Ia juga mengapresiasi sejumlah inovasi yang dikeluarkan Bapenda. Salah satunya invoasinya dalam meningkatkan kesadaran pajak melalui Laskar Pajak yang digagas langsung Irwan Adnan.

“Oleh karena itu semua ruang-ruang yang menjadi mesin dalam pengumpulan pendapatan keuangan daerah terpantau dengan laskar-laskar yang telah dirujuk oleh Kepala Bapenda,” tandas Zulkifli. (*)


BACA JUGA