Rektor UNM, Husain Syam saat meninjau peserta disabilitas UTBK SBMPTN di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kamis (15/04/2021).

UTBK SBMPTN di UNM, Rektor Husain Syam Pantau Peserta Disabilitas

Jumat, 16 April 2021 | 14:29 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 di Universitas Negeri Makassar (UNM) terus berlangsung. Pelaksanaannya telah memasuki hari kelima, Jumat (16/04/2021).

Sebelumnya pada hari keempat, Kamis (15/04/2021). pelaksanaan diikuti oleh tujuh orang penyandang disabilitas. Ketujuhnya yang ikut UTBK-SBMPTN di UNM adalah tuna netra.

pt-vale-indonesia

Dalam pelaksanaan ujiannya, setiap peserta disabilitas ini ditemani oleh satu orang pengawas yang juga bertugas sebagai pembimbing. Pelaksanaan ujian sendiri berlangsung di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Rektor UNM, Husain Syam mengatakan setiap tahunnya ada pendaftar dari kalangan disabilitas. Terlebih di UNM sendiri, kata dia, memiliki Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) yang memang didalamnya biasa ada mahasiswa disabilitas.

“Semua warga negara yang berkeinginan untuk mengeyam pendidikan tinggi tidak boleh dibedakan. Untuk yang berkebutuhan khusus kami berikan semaksimalnya,” katanya didampingi oleh Penanggungjawab UTBK-SBMPTN UNM, Hasnawi Haris.

Ia mengatakan, pelaksanaan UTBK-SBMPTN untuk disabilitas ini berjalan sesuai semestinya. Hanya saja mereka menggunakan fasilitas khusus.

Diketahui, UNM akan melaksanakan UTBK-SBMPTN sebanyak dua gelombang. Gelombang pertama digelar 12 sampai 18 April dan gelombang kedua 26 April hingga 2 Mei 2021.

Tahun ini sendiri orang yang mendaftar dan melaksanakan ujian di UNM bertambah sebanyak 2.500. Total pendaftar di UNM tahun ini sebanyak 15.886. (*)

Tags:

BACA JUGA