Anggota DPRD Kota Makassar, Nurul Hidayat (jilbab abu-abu) saat menggelar sosialisasi Perda ASI Ekslusif di Hotel Grand Cellino, Minggu (16/08/2020).

Dewan Nurul HIdayat Bilang Baca Tulis Al-Qur’an Sangat Penting Bagi Anak

Senin, 19 April 2021 | 14:26 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Anggota DPRD Kota Makassar, Nurul Hidayat, menjelaskan soal pentingnya Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) bagi anak-anak.

Hal tersebut disampaikan pada Sosialisasi Perda (Sosper) Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an yang dihadiri langsung oleh warga dari dapil V Mamajang, Mariso, dan Tamalate.

Nurul Hidayat mengatakan, kehadiran Perda tersebut merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah dalam membangun kesadaran menghindarkan anak dari buta aksara Al-Qur’an.
Di dalam perda itu telah diatur sejumlah regulasi yang mengharuskan anak mampu memahami dan membaca Al-Qur’an dengan baik.

Anak-anak, kata dia, wajib mengantongi sertifikat khusus bebas buta aksara Al-Qur’an, yang dikeluarkan khusus oleh instansi ataupun lembaga resmi yang ditunjuk oleh pemerintah.

“Jadi Perda baca tulis Al-Qur’an ini wujud kepedulian pemerintah, hal ini penting meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga masyarakat bisa terus mengamalkan Al-Qur’an,” ujarnya.

Nurul melanjutkan, kehadiran BTQ tersebut juga diharapkan mampu membangun karakter secara rohaniah atau spiritual, hal ini penting membentuk kualitas peserta didik.

“Dalam hal spiritual ini sangat penting karena jelas mampu membangun karakter dan akhlak yang kuat,” terang Legislator Gokar tersebut. (*)


BACA JUGA