Pengurus Masjid Putri Nelly Sanga Lingkungan Allattappampang Kelurahan Mangngalli Kecamatan Pallangga menggelar pelatihan Penyelenggaraan Jenazah selama dua hari Sabtu hingga Minggu (17-18/4/2021).

Pengurus Masjid Putri Nelly Sanga Mangngalli Bekali Jamaah Tatacara Mengurus Jenazah

Senin, 19 April 2021 | 13:51 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Pengurus Masjid Putri Nelly Sanga Lingkungan Allattappampang Kelurahan Mangngalli Kecamatan Pallangga menggelar pelatihan Penyelenggaraan Jenazah selama dua hari Sabtu hingga Minggu (17-18/4/2021).

Ketua Pengurus Masjid Putri Nelly Sanga, Mursalam Daeng Rewa, mengatakan kegiatan dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pengurus Masjid, jamaah dan masyarakat sekitar terkait tatacara Penyelenggaraan Jenazah.

Apalagi menurut Mursalam Penyelenggaraan Jenazah ini sangat penting karena merupakan kewajiban bagi setiap umat yang masih hidup terhadap jenazah dan hukumnya fardhu kifayah.

“Hal ini penting dipahami karena dalam masyarakat dalam hal penyelenggaran jenazah biasanya hanya diserahkan kepada pengawai sara, padahal sebenarnya persoalan penyelenggaraan jenazah ini adalah menjadi kewajiban kita semua sebagai muslim yang hidup bagi muslim yang wafat,” katanya.

Olehnya itu, Mursalam berharap kedepan jamaah masjid dan masyarakat khususnya di Lingkungan Allattappampang Kelurahan Mangngalli ini bisa mengambil peran dalam penyelenggaraan jenazah.

Sementara itu, salah seorang peserta Pelatihan, Nasir Daeng Ngemba mengaku bersyukur dan berterimakasih dengan adanya pelatihan ini. Dirinya menyebutkan masyarakat saat ini memang perlu memahami tata cara penyelenggaraan jenazah.

“Sehingga bila ada kedukaan atau kematian di kampung kami, mereka sudah bisa mengambil peran dalam mengurus jenazah dan memang pengetahuan mengurus jenazah ini harus dipahami dengan baik,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang peserta perempuan, Daeng Parang. Dirinya juga menyambut baik dengan adanya pelatihan, apalagi langsung dipraktekkan secara langsung, sehingga menurutnya lebih mudah dipahami.

“Alhamdulillah tentu kami sangat berterima kasih dengan adanya pelatihan ini. karena pelatihan ini langsung dipraktekkan sehingga kami mudah memahaminya,” ungkapan.

Pelatihan ini di pandu oleh instruktur, Ustadz Luqman Jumaid. Pada kesempatan ini, dihadapan Pengurus, jamaah dan masyarakat Ustadz Luqman Jumaid menjelaskan tata cara penyelenggaraan jenazah mulai dari memandikan, mengkafani, menshalati hingga menguburkan.(*)