PMI Cabang Kota Makassar menggelar donor darah di Masjid Al-Markaz Al-Islami mulai Selasa (20/04/2021)

Manfaatkan Momen Ramadan, PMI Makassar Gelar Donor Darah di Masjid Al-Markaz

Selasa, 20 April 2021 | 22:33 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Makassar menggelar donor darah di Masjid Al-Markaz Al-Islami mulai Selasa (20/04/2021). Kegiatan tersebut akan berlangsung sampai 11 Mei mendatang.

Disampaikan Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Makassar, Khudri Arsyad, agenda donor darah di Masjid Al-Markaz secara rutin digelar tiap tahun pada bulan Ramadhan. Memanfaatkan momen bulan suci, pihaknya ingin menggenjot menambah stok kantong darah.

“Tapi tahun lalu kita tidak buka karena puncak-puncaknya pandemi Covid-19. Nah ini pun kita lihat trennya di pekan pertama puasa dan kita memastikan bahwa bisa berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Udri ini mengungkapkan jika pihaknya menargetkan sebanyak 1000 stok kantong darah bisa diperoleh. Seiring animo masyakarat yang ingin mendonor darah juga tinggi. 

“Baru dua jam kira buka sudah menghampiri 25 orang yang mendonor darah. Kalau sudah ada 30 bag (kantong) tiap hari, itu tanda-tanda baik untuk malam selanjutnya,” ungkap Udri.

“Yah jadi kita target di Masjid Al-Markaz ini adalah 1000 bag, karena di luar masa pandemi itu di Al-Markaz setiap Ramadan berkontribusi minimal 1.500. bag,” sambungnya.

Masyakarat yang ingin mendonor darah juga bakal diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi mereka. PMI Makassar sebelumnya sudah berkerjasama dengan beberapa pihaknya untuk menyediakan doorprize kepada para pendonor.

“Di suasana donor ini kita di support beberapa mitra kami. Seperti Alfamidi mempersiapkan voucher belanja, Suzuki ada doorprize, Pegadaian juga menyiapkan doorprize,” jelasnya.

“Doorprize-nya itu bagi yang pendonor rutin atau sudah lima kali keatas, ada sepeda motor. Untuk pendonor pemula, handphone, ada sepeda lipat, smartwatch. Jadi lumayanlah untuk motivasi membantu sesama. Dan diundi satu Minggu setelah lebaran,” tambah Udri.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar bisa melakukan donor darah. Di masa pandemi ini, ia mengingatkan mereka untuk menjaga kesehatan sebelum hendak mendonor darah.

“Kalau yang tidak pernah kena Covid-19, bisa silahkan. Kalaupun yang sudah terpapar harus tiga bulan setelah terkonfirmasi virus ini. Terus yang sudah vaksin harus setelah disuntik dua kali,” tukas Udri.(*)


BACA JUGA