Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni saat menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Bendungan Pamukkulu di Ruang Rapat Toraja Room, Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Selasa (20/4/2021).

Pemkab Gowa Siap Dukung Pembangunan Bendungan Pamukkulu Takalar

Rabu, 21 April 2021 | 11:47 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa siap mendukung pembangunan Bendungan Pamukkulu di Kecamatan Polong Bangkeng Utara Kebupaten Takalar agar berjalan dengan baik.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni saat menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Bendungan Pamukkulu di Ruang Rapat Toraja Room, Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Selasa (20/4/2021).

“Perlu kami sampaikan bahwa pada prinsipnya kami dari Pemerintah Kabupaten Gowa siap mendukung pembangunan Bendungan Pamukkulu ini,” ujarnya.

Agar proses pembangunan Bendungan Pamukkulu ini bisa berjalan dengan baik, dirinya meminta agar dilakukan dengan perencanaan yang baik, salah satunya yang kadang bermasalah adalah proses pengadaan tanah atau pembebasan lahan.

Olehnya itu, dalam proses pengadaan tanah berjalan dengan lancar tanpa kendala, dirinya meminta perlu ada keterbukaan dan sosialiasi yang baik kepada masyarakat. Apalagi di Kabupaten Gowa terdapat 47 hektare yang masuk dalam wilayah pembangunan bendungan dari total lahan 640 hektare.

“Agar tidak ada kesulitan mari kita rapat bersama. Kami berharap kita semua yang duduk di sisni bisa melakukan yang terbaik. Kalau kita lakukan yang terbaik Insya Allah masyarakat akan menerima, apalagi kalau ada keterbukaan,” harapnya.

Dirinya juga berharap agar pembangunan Bendungan Pamukkulu bisa segera terealisasi agar manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Takalar.

Hal senada juga disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Provinsi Sulawesi Selatan, Muh Iqbal Suhaeb. Dirinya juga berharap pembangunan Bendungan ini berjalan dengan baik karena merupakan salah satu proyek strategis nasional.

“Bendungan Pamukkulu merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang ada di Sulawesi Selatan. Ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020,” ujarnya.

Ia juga berharap segala permasalahan dan kendala yang dihadapi saat ini bisa segera diselesaikan. Ia menyebutkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan siap mendukung.

Sementara dalam laporannya, Ketua Satuan Kerja (Satker) Bendungan Balai Besar Wilayah Pompengan Sungai Jeneberang (BBWS-PJ), Alexander Nandar dalam laporan mengatakan bahwa saat progres pembangunan Bendungan Pamukkulu sudah dalam tahap pekerjaan fisik, seperti pembuatan terowongan dan persiapan pondasi untuk Bendungan Utama.

Dirinya menyebutkan bahwa bendungan ini memiliki daya tampung efektif 77,62 meter kubik dengan luas genangan 460 hektare. Bendungan ini memiliki 65,50 meter, panjang puncak bendungan 860 meter dan lebar puncak bendungan 8 meter.

“Bendungan ini akan menjadi irigasi 6,150 hektare, penyedia air baku bagi Kabupaten Takalar 160 liter perdetik, pengendali banjir, konservasi sumber daya air, pembangkit listrik tenaga air 4,3 MW dan akan menjadi pengembangan Pariwisata,” tambahnya.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Gowa, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Gowa, Abdullah Sirajuddin besama jajaran dan Camat Biringbulu, Yamin Basri.(*)


BACA JUGA