Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (tengah) dengan Kepala Kejaksaan Negeri Gowa, Yeni Andriani.

Berhasil Kembalikan Aset Pemkab Gowa, Adnan Apresiasi Kinerja Kejari

Minggu, 02 Mei 2021 | 21:30 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengapresiasi keberhasilan Kejari Gowa yang berhasil mengembalikan aset Pemkab Gowa.

Aset tersebut diketahui berupa tanah seluas 1.200 haktare yang terletak di Jalan Sultan Hasanuddin, Kabupaten Gowa dan bermasalah selama 18 tahun.

“Ini lah kerjasama antara pemerintah dengan kejari, ibu kejari beserta jajaran membantu kami, lalu berkordinasi dengan BPN semua masalah yang timbul diselesaikan oleh ibu kejari dan jajarannya,” kata Adnan.

Adnan menjelaskan jika selama 18 tahun lamanya tanah tersebut akhirnya bisa kembali di kuasai oleh pemda Gowa.

“Dengan bantuan ibu kejari aset ini bisa kembali sepenuhnya kepada pemerintah kabupaten gowa dan akan dimanfaatkan kembali,” jelasnya.

Rencananya tanah tersebut akan digunakan untuk membangun kantor Bawaslu Gowa dan Masjid.

“Dari total luas tanah 1200, BPN akan kita berikan 500 dengan status pinjam pakai dan selebihnya akan dibangun dengan kantor bawaslu kabupaten gowa,”

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Gowa, Yeni Andriani menuturkan bahwa pihaknya berhasil mengembalikan aset Pemkab Gowa tersebut melalui surat keterangan khusus yang diberikan oleh Pemkab Gowa.

Setelah itu, pihaknya melakukan penelusuran lokasi tanah dan hasilnya tanah tersebut milik Pemkab Gowa.

“Kerja keras kami dari pihak Kejari Gowa dalam waktu satu bulan kami dapat memulihkan kembali aset milik Pemkab Gowa,” tuturnya, Minggu (2/5/2021).

Menurutnya, sebelumnya tanah ini merupakan tanah dari kementrian pendidikan dan sudah menjadi hak pakai no 42 sejak tahun 1997.

“Nah ini yang tidak dimasukkan dalam aset pemda, ternyata lokasi tanah ini adalah lokasi aset milik pemda Gowa,” pungkasnya. (*)

*Reporter: Endra Sahab


BACA JUGA