Suasana aksi demontrasi dalam rangka memperingati Hari Buruh

Peringatan Hari Buruh Diwarnai Aksi Demonstrasi Mahasiswa

Minggu, 02 Mei 2021 | 01:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Peringatan Hari Buruh 1 Mei 2021 diwarnai aksi demonstrasi yang dilakukan sejumlah mahasiswa. Aksi demonstrasi itu berlangsung di perbatasan Gowa-Makassar, Sabtu (1/5/2021) sekitar pukul 15.00 Wita. 

Para mahasiswa tersebut tergabung dalam Gerakan Rakyat dan Mahasiswa Indonesia (Gerak Misi). Mereka membentangkan spanduk yang bertuliskan Wujudkan Kesejahteraan Rakyat. 

pt-vale-indonesia

Tak hanya itu, mereka juga sempat menutup jalan sembari membakar ban dan menyampaikan orasi. 

Dalam aksi tersebut, para mahasiswa menyampaikan sejumlah tuntutan. Diantaranya adalah memberikan hak bagi buruh. Mereka juga menolak Undang-Undang (UU) Omnibus Law yang dinilai tidak relevan. 

“Karena diketahui UU 13 tahun 2003 tentang kesejahteraan buruh namun saat ini pemerintah masih menyengsarakan para buruh,” kata Lily, selaku jendlap dalam aksi tersebut. 

Selain itu, merek juga menolak tenaga kerja asing. Sebab pada UU 13 tahun 2003 persyaratan-persyaratannya sangatlah ketat. Namun pada UU Omnibus Law tenaga kerja lokal sangat sulit mendapatkan kerja.

“Dan kami meminta agar segera anulir UU Omnibus law dan kembalikan UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan,” tegasnya. 

Terpantau sekira pukul 15 55 Wita, massa aksi dari Gerak Misi telah bubar. Pihak kepolisian dari Polres Gowa saat ini masih mengatur arus lalulintas.(*)

Reporter: Endra Sahab