Wali Kota Makassar, Danny Pomanto (tengah) saat ditemui usai Rapat Koordinasi Makassar Recover Jelang Idul Fitri di Ruang Rapat Sipakatau Balai Kota Makassar, Senin (03/05/2021)

Danny Pomanto: Masyakarat Makassar Dilarang Open House Lebaran 2021

Senin, 03 Mei 2021 | 16:55 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menegaskan bahwa tradisi yang biasanya digelar setiap lebaran ditiadakan. Termasuk melarang masyakarat untuk menghelat open house atau menerima tamu pada Idul Fitri 1442 H.

Hal itu ditegaskan oleh Danny saat Rapat Koordinasi Makassar Recover Jelang Idul Fitri di Ruang Rapat Sipakatau Balai Kota Makassar, Senin (03/05/2021). Disebutkannya, larangan tersebut merujuk dari instruksi pemerintah pusat.

“Saya atas nama pemeirntah meneruskan apa yang menjadi bagian penegasan dari bapak Presiden (Jokowi Widodo) bahwa open house ditiadakan,” tegas Danny.

Larangan ini juga berlaku terhadap pejabat termasuk dirinya. Danny menyebut bahwa penerapan protokol kesehatan menjadi yang utama saat ini untuk menekan angka kasus Covid-19 yang masih tinggi.

“Susah memang apalagi saya ini, banyak pengikut banyak teman tapi demi keselamatan semua kita di Kota Makassar, saya sendiri rela tidak ber-open house untuk menerapkan prokes supaya tingkat penularan rendah,” jelasnya.

Sementara untuk salat Idul Fitri, pihaknya, dikatakan Danny, punya konsep agar pelaksanaannya tidak menciptakan kerumunan. Di mana salat akan dilaksanakan di jalan dan luar Masjid. Sekaligus langsung melakukan hal bihalal di tempat salat.

“Salat Ied ini harus di luar Masjid, kemudian kita sebar, jangan terkonsentrasi di satu tempat. Salat itu per RW dan tempatnya di jalan. Itu baru konsep, setelah salat langsung Halal Bihalal jadi tidak ada open house,” tutupnya. (*)


BACA JUGA