Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto saat berpidato sebelum salat Idulfitri di Jalan Amirullah, Kamis (13/05/2021)/Ist

Prokes Ketat, Danny Pomanto Harap Tak Ada Cluster Lebaran di Makassar

Kamis, 13 Mei 2021 | 23:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto merayakan hari kemenangan umat Islam bersama keluarga juga pejabat lingkup Pemkot Makassar dan masyarakat. Mereka melaksanakan Idulfitri di sepanjang Jalan Amirullah, Kamis (13/05/2021).

Protokol kesehatan (Prokes) diterapkan secara ketat dengan pemeriksaan suhu tubuh juga penggunaan hand sanitizer sebelum masuk ke lokasi salat ied. Selain itu, disiapkan pula masker jika sekiranya ada jamaah yang tidak menggunakan masker ke lokasi salat. 

Sesampainya di tempat pelaksanaan salat, petugas telah disiapkan untuk mengatur dan memperhatikan jarak antar jamaah. Hal tersebut diharapkan agar jamaah yang datang dalam kondisi sehat dapat kembali ke rumah dalam keadaan sehat pula, seperti halnya harapan Danny Pomanto.

“Satu kesyukuran karena kita sudah bisa merayakan salat ied bersama-sama meskipun Covid-19 masih juga mengguncang dunia. Hal ini mengingatkan kita semua agar senantiasa bermunajat dan berikhtiar, saling menjaga dengan menerapkan prokes ketat agar datang ke tempat shalat dalam keadaan sehat dan kembali ke rumah juga sehat,” tekan Danny.

Wali kota dua periode ini juga mengatakan kiranya semua warga Makassar dapat patuh pada instruksi pemerintah. Di mana dilarang untuk mudik.

“Imbauan untuk tidak mudik tolong dipatuhi. Sekarang karena pandemi jadi mudik digital saja. Pakai fasilitas teknologi sekarang. Bisa video call, zoom, atau virtual meeting dalam kapasitas banyak. Tanpa bertemu langsung tidak akan mengurangi makna silaturahim,” tegasnya.

Selain itu, diterbitkan pula surat edaran yang tidak memperbolehkan adanya penerimaan tamu atau yang lazim disebut open house. Ia pun mengaku akan taat.

“Tidak ada open house. Olehnya itu tadi selepas salat diadakan halal bihalal langsung dengan salam namaste dengan protokol kesehatan. Kita berdoa bersama semoga di hari kemenangan ini tidak akan menambah grafik penyebaran covid-19,” ungkap Danny.

“Alhamdulillah bisa kita liat baru beberapa menit saja ini sudah bersih kembali. Satgas kebersihan sudah kami instruksikan untuk lebih maksimal lagi dan saya kira warga Makassar juga peduli kebersihan,” pungkasnya.

Tampil sebagai pembicara dalam pelaksanaan salat Ied di Amirullah yakni Kepala Kantor Urusan Agama Kota Makassar, Jusman Karim. Lalu Ustadt Andi Nur Alam sebagai Imam.(*)